Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Setir Mobil, Tidak Bisa Sembarangan

Kompas.com - 09/07/2019, 12:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lingkar kemudi merupakan bagian pada mobil yang tidak lepas dari perhatian untuk dimodifikasi. Alasannya beragam, ingin menambah kenyamanan saat menggenggam kemudi, agar mobil terlihat lebih sporty, sampai ingin menjadi seperti mobil kekinian dengan adanya tombol pengaturan di setir.

Pemilik Shine Auto Light Rico menyatakan, selain modifikasi lampu, masih banyak pemilik mobil yang datang ke bengkelnya untuk mengganti setir kemudi.

"Macam-macam permintaannya, ada yang ingin mengganti setir All New Pajero Sport Dakar versi luar, setir BMW klasik, dan sebagainya. Tapi umumnya mengubah setir Kijang Innova tipe G ke tipe Venturer," kata dia kepada Kompas.com belum lama ini.

Melakukan perubahan setir standar menjadi lebih modern (disertai tombol pengaturan di sisi setir) memungkinkan dan aman. Asalkan, kata Rico lagi, dikerjakan oleh mekanik atau spesialis handal.

Baca Juga : Ragam Modifikasi Lampu Mobil, Ada Jenis Lampu Knight Rider

"Pada umumnya diupayakan semua tombol di setir bisa terkoneksi sesuai aslinya, sehingga jalur kabel diubah. Lantas tata cara pemasangannya harus benar karena bisa-bisa menghilangkan kontrol si pengemudi saat digunakan," ujar Rico.

Ilustrasi setir mobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi setir mobil

Technical Sevice Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menyampaikan untuk mengganti setir mobil dari versi standarnya, pastikan bahwa pengerjaan dilakukan oleh ahlinya. Segala fungsi yang berada di setir juga jangan sampai tidak berfungsi terutama airbag.

"Modifikasi sama sekali tidak di rekomendasikan, karena tiap ubahan bisa mengakibatkan tidak berkerjanya salah satu fitur. Sehingga mengurangi tingkat keamanan berkendara. Tapi memang dewasa ini perilaku modifikasi mobil tidak bisa dihindari," kata Anjar.

"Bila memang ingin modifikasi setir, pastikan bahwa airbag masih berkerja. Sebab salah satu keterkaitan setir adalah pada airbag tersebut. Lalu pada kabelnya, jangan sampai menyebabkan korsleting," lanjut dia.

Terkait biaya modifikasi setir sendiri ialah beragam, mulai dari Rp 2 jutaan sampai Rp 5 juta ke atas. Sebagai contoh, tukar tambah setir Toyota Innova tipe G ke Venturer biayanya Rp 2.300.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com