Menunggu Pilihan Mobil Dinas Presiden

Kompas.com - 05/07/2019, 07:42 WIB
Mobil Presiden Joko Widodo saat meninggalkan kompleks Keben, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KOMPAS.com / Wijaya KusumaMobil Presiden Joko Widodo saat meninggalkan kompleks Keben, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah diketahui tengah mempersiapkan mobil kepresidenan baru untuk menggantikan unit mobil kepresidenan lama. Rencananya mobil baru tersebut akan dipilih sesuai dengan kebutuhan keamanan untuk RI 1.

Dari informasi terakhir, sudah ada dua merek yang bertarung menawarkan produknya. Keduanya adalah Mercedes-Benz dan BMW.

Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Umum Kementerian Sekretarian Negara (Kemensesneg) Piping Supriatna membenarkan hal tersebut. Namun ia belum dapat memberikan informasi lebih mengenai proses pemilihan mobil untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

“Iya benar ada dua merek (Mercedes-Benz dan BMW) yang saat ini menawarkan mobil dinas kepresidenan. Tapi saat ini masih dalam pembahasan lebih lanjut di internal. Tunggu saja keputusan resmi dari Kemsetneg,” ucap Piping saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

BMW dan Mercedes-Benz Ikut Lelang Mobil Dinas Presiden

Sebelumnya, Presiden Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini punya sejarah cukup panjang, terutama model S600, sebab sebelumnya sudah digunakan sejak era Presiden BJ Habibie hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Melihat waktu dinas kendaraan ini memang sudah cukup lama. Untuk itu pembaruan pun perlu dilakukan. 

S600 Guard sendiri merupakan seri khusus Mercedes-Benz untuk konsumen VIP yang membutuhkan keamanan dalam kendaraan. Spesifikasinya bisa disesuaikan dengan permintaan.

Lantas model apa yang akan ditawarkan kedua pabrikan tersebut? Mercedes-Benz kemungkinan akan menawarkan Maybach-Mercedes S600 terbaru atau jenis teratas Pullman Guard. Untuk BMW mereka sudah membocorkan akan menawarkan BMW Seri 7 Security Vehicle F02.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X