BMW dan Mercedes-Benz Ikut Lelang Mobil Dinas Presiden

Kompas.com - 17/06/2019, 10:02 WIB
Mobil dinas Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Indonesia 1. Roderick Adrian MosesMobil dinas Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Indonesia 1.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua produsen otomotif asal Eropa, yakni BMW dan Mercedes-Benz menyatakan akan kembali mengikuti lelang pengadaan mobil dinas presiden terpilih periode 2019-2024. Masing-masing menawarkan model jagoan, seperti X7 dan S600 Pullman Guard.

Beberapa waktu lalu, Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto pernah mengatakan, setiap ada kesempatan selalu mengikuti tender, tetapi keputusan tetap berada di tangan Kementerian Sekretariat Negara.

"Kita menawarkan Seri 7 karena itu merupakan model paling atas kita. Tahun ini pun akan menawarkan model yang sama, tetapi ke depan kita akan punya X7," kata Bayu beberapa waktu lalu di kawasan Jakarta Pusat.

Baca juga: Toyota Tawarkan Crown Hybrid untuk Mobil Dinas Menteri?

Menurut Bayu, spesifikasi mobil untuk presiden sendiri berbeda, paling utama harus memenuhi persyaratan seperti tahan dari serangan atau bahkan anti peluru serta lain sebagainya.

Sementara itu, PT Mercedes-Benz Distributor Indonesia (MBDI) melalui Deputy Director Marketing Communication Hari Arifianto juga pernah mengatakan bahwa perusahaan sudah pasti mengikuti lagi tender pengadaan mobil kepresidenan.

Sesaat lagi BMW hadirkan keluarga X7 paling premium. Sesaat lagi BMW hadirkan keluarga X7 paling premium.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita selalu ikut dan yang periode ini juga pasti kami akan ikut lagi," ucap Hari kepada Kompas.com beberapa waktu lalu di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Meski begitu, Hari belum bisa bicara panjang lebar, tetapi diharapkan bisa berkontribusi lagi seperti lima tahun sebelumnya.

Mobil Presiden Periode 2014-2019

Mobil dinas Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Indonesia 1.KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Mobil dinas Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Indonesia 1.

Jokowi sebelumnya menggunakan S600 Pullman Guard. Mercy ini bisa dipacu hingga lebih dari 200 kpj. Dalam proses pembuatannya di Jerman, mobil ini sudah dilapisi baja yang tahan terhadap senapan standar, granat tangan, serta bahan peledak ringan lain.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, yang bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara. Tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Sementara pada interior dilengkapi perangkat night view assist system untuk memantau situasi di luar ketika kondisi jalan gelap. Perangkat itu berfungsi layaknya sonar inframerah, dengan kemampuan melihat obyek saat cahaya di luar sangat terbatas.

Tak berhenti sampai disitu, mobil itu juga tersemat kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan tahan panas, plus empat pintu dengan berkemampuan adjustable doorhold.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X