Ingat Lagi Pentingnya Merawat Kondisi "Seat Belt"

Kompas.com - 04/07/2019, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu perlengkapan yang wajib ada di mobil. Perangkat keamanan ini berfungsi untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, penting juga untuk selalu melakukan perawatan atau menjaga agar kondisi seat belt tetap dapat bekerja dengan optimal.

Tak sedikit pemilik mobil yang masih menganggap sepele soal perawatan. Padahal, merawat perangkat itu juga tidak sulit. Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, kebersihan seat belt sangat perlu diperhatikan.

Baca juga: Cek Masa Pakai Seat Belt Mobil Anda

"Cara merawatnya bisa dengan menjaga kebersihannya, khususnya bagian inner seat belt. Bersihkan dari sisa makanan atau benda kecil, misalnya peniti yang dapat menyebabkan seat belt tersangkut," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bersihkan seat beltautobild.co.id Bersihkan seat belt

Bambang juga menambahkan, cara pakai atau perilaku dalam menggunakan seat belt dapat mempengaruhi kinerjanya. Salah satunya, yaitu tidak mau kembali ke posisi semua atau terasa macet.

"Hal tersebut bisa terjadi karena menarik seat belt secara kasar atau terlalu cepat, dan tidak mengembalikannya seperti semula," kata Bambang.

Baca juga: Mengenal Karakter dan Cara Kerja Seat Belt Pretensioner

ketika membersihkan bagian talinya sendiri, bisa dengan menggunakan cairan khusus pembersih jok dari bahan fabric. Bisa juga dibersihkan dengan air sabun yang dibasuh dengan kain lap.

Khusus untuk mobil tua yang seat belt-nya sudah mengeras, sebaiknya diganti dengan yang baru. Hindari membeli seat belt bekas, karena kita tidak pernah tahu bagaimana riwayat penggunaan oleh pemilik sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.