Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa "Seat Belt" Sigra Cuma Dua Titik

Kompas.com - 13/09/2016, 18:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Walau lahir di rahim yang sama dan kembar identik, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya punya detail perbedaan. Salah satunya dari perangkat keamanan, yakni sabuk pengaman.

Calya dan Sigra sama-sama muat 7-penumpang. Pada Calya, Toyota memilih menyematkan sabuk pengaman tipe tiga titik untuk semua penumpang, termasuk pada penumpang tengah di jok baris kedua dan dua penumpang pada jok baris ketiga. Itu sebabnya, ada titik pengait sabuk pengaman di plafon bagian belakang dan pada pilar D.

Pada Sigra, Daihatsu memilih sabuk pengaman tiga titik hanya untuk empat penumpang yakni dua penumpang depan dan dua penumpang baris kedua bagian sisi kiri dan kanan. Sisanya hanya dilengkapi sabuk pengaman dua titik.

Toyota Astra Motor Setiap penumpang di kabin Toyota Calya dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.
Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menjelaskan perbedaan itu menyesuaikan kebutuhan dan memenuhi permintaan Toyota. Visibilitasnya, produk ini akan diekspor menggunakan merek Toyota. Buat memenuhi regulasi keselamatan tertentu makanya standar keamanan lebih diperhatikan.

“Di Indonesia kebutuhannya saja kita lihat. Kalau di depan kan memang harus pakai sebab sesuai peraturan. Disesuaikan dengan permintaan, Daihatsu menganggap belum butuh seperti itu untuk domestik tetapi kalau suatu saat dibutuhkan kami bisa pakaikan,” jelas Amelia via telepon, Selasa (13/9/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).
Dari hasil studi yang dijelaskan Amelia, masyarakat Indonesia yang duduk di jok baris kedua dan ketiga tidak punya kebiasaan memakai sabuk pengaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com