Kompas.com - 19/06/2018, 16:40 WIB

Jakarta, Kompas.com - Sabuk keselamatan atau seat belt di mobil merupakan piranti keselamatan utama yang wajib dikenakan.

Digunakan setiap hari, membuat seat belt lebih sering mengalami masalah, mulai dari sabuk tergulung, longgar, sampai retractor (pengunci) yang macet.

Pertanyaannya adalah apakah seat belt ada usia pakai, karena fungsinya yang vital dan setiap hari digunakan?

[Baca juga : Pakai Ban Serep Lebih Kecil? Ini Aturan Mainnya]

Menurut Dadi Hendriadi, GM of Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), seat belt pada mobil pada dasarnya tidak memiliki umur pakai. Artinya bisa digunakan sampai kapan pun selama kondisinya layak pakai.

Kondisi seat beltseatbelt-cover.blogspot.com Kondisi seat belt
"Pada dasarnya seat belt digunakan dengan umur panjang, kecuali model pretensioner yang memang sekali pakai. Umur pakai seat belt bukan ditentukan dari waktu atau jarak tempuh, tapi lebih ke kondisi fisik, layak atau tidak digunakan, ada kerusakan atau masih baik fungsinya," ucap Dadi kepada Otomania, Kamis (10/3/2016).

[Baca juga : Pahami Fitur Overdrive saat Berkendara]

Untuk mengetahui apakah kondisi sabuk pengaman masih dalam kondisi baik, bisa dilihat secara visual. Pemeriksaan lebih teliti juga wajib dilakukan saat membeli mobil bekas, takutnya pernah mengalami kecelakaan sebelumnya.

"Mobil yang sudah pernah mengalami tabrakan, terutama dari depan, wajib mengecek kondisi seat belt. Hal yang paling utama adalah mengenai daya dalam menahan berat badan, biasanya kalau mobil sudah pernah tabrakan fungsinya akan berkurang, ini wajib diperiksa," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.