Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Lagi Pentingnya Merawat Kondisi "Seat Belt"

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu perlengkapan yang wajib ada di mobil. Perangkat keamanan ini berfungsi untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, penting juga untuk selalu melakukan perawatan atau menjaga agar kondisi seat belt tetap dapat bekerja dengan optimal.

Tak sedikit pemilik mobil yang masih menganggap sepele soal perawatan. Padahal, merawat perangkat itu juga tidak sulit. Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, kebersihan seat belt sangat perlu diperhatikan.

"Cara merawatnya bisa dengan menjaga kebersihannya, khususnya bagian inner seat belt. Bersihkan dari sisa makanan atau benda kecil, misalnya peniti yang dapat menyebabkan seat belt tersangkut," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang juga menambahkan, cara pakai atau perilaku dalam menggunakan seat belt dapat mempengaruhi kinerjanya. Salah satunya, yaitu tidak mau kembali ke posisi semua atau terasa macet.

"Hal tersebut bisa terjadi karena menarik seat belt secara kasar atau terlalu cepat, dan tidak mengembalikannya seperti semula," kata Bambang.

ketika membersihkan bagian talinya sendiri, bisa dengan menggunakan cairan khusus pembersih jok dari bahan fabric. Bisa juga dibersihkan dengan air sabun yang dibasuh dengan kain lap.

Khusus untuk mobil tua yang seat belt-nya sudah mengeras, sebaiknya diganti dengan yang baru. Hindari membeli seat belt bekas, karena kita tidak pernah tahu bagaimana riwayat penggunaan oleh pemilik sebelumnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/04/170200115/ingat-lagi-pentingnya-merawat-kondisi-seat-belt-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke