Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Bisa Bikin dan Perpanjang SIM Gratis

Kompas.com - 30/06/2019, 13:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara untuk menyambut hari ulang tahun ke-73 Bhayangkara yang jatuh pada Senin (1/7/2019) besok. Salah satunya, yakni memberikan layanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara cuma-cuma.

Layanan gratis pembuatan SIM A dan C dan perpanjangan ini diberikan pada pemohon yang memiliki tanggal lahir 1 Juli. Salah satunya di wilayah kabupaten Bandung.

“Pelayanan gratis pembuatan dan perpanjangan SIM ini sudah berlangsung sejak Sabtu (29/6/2019) sampai Senin (1/7/2019). Warga yang lahir pada 1 Juli cukup membawa KTP, surat keterangan sehat dan memenuhi persyaratan administrasi,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Komber Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2019).

Meski gratis, pemohon tetap harus mengikuti uji teori dan tes mengemudi untuk yang baru memiliki SIM. Untuk perpanjangan SIM pun harus mengikuti langkah perpanjangan SIM seperti biasa dan dapat dilakukan di outlet pelayanan SIM keliling.

Baca juga: Waktu Perpanjang Masa Berlaku SIM yang Habis pada Libur Lebaran

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polres Bandung (@tmcpolresbandung) on Jun 28, 2019 at 6:59pm PDT

 

Selain kabupaten Bandung, daerah lain yang tercatat memberikan layanan SIM gratis ini, yaitu Polres Surabaya, Polres Banjar Jawa Barat, dan Polres Cimahi.

Sebagai syarat di Polres Banjar, Jawa Barat pembuatan SIM gratis juga diberikan pada warga yang bernama Juli. Persyaratannya sama dan hanya berlaku selama satu hari yakni Senin (1/7/2019) besok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com