Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Lorenzo ke Markas HRC Tak Sia-sia

Kompas.com - 16/06/2019, 15:23 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

CATALUNYA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo mengklaim GP Catalunya sebagai seri dimana ia merasa sangat konsisten selama berada di tim Repsol Honda. Pebalap asal Spanyol ini berhasil langsung masuk sesi kualifikasi Q2 dan akan start dari urutan ke-10.

Hasil ini diraihnya berkat ubahan pada RC213V miliknya setelah pergi ke markas HRC (Honda Racing Corporation). Honda berhasil memberikan solusi terkait ergonomi pada motor Lorenzo, mulai dari ubahan di bagian jok, hingga tangkinya.

Baca juga: Rossi Senang Yamaha Tampil Kompetitif di GP Catalunya

Ubahan tersebut diklaim bisa membuat Lorenzo bisa mengendalikan motornya lebih alami. Menurut Lorenzo, Honda memang tidak memberikan ubahan yang signifikan untuknya beradaptasi dengan motor. Tapi, ia merasa lebih nyaman berada di atas RC213V, sehingga bisa membalap lebih agresif.

"Memang benar kami selama ini fokus untuk membuat saya bisa lebih nyaman berada di atas motor. Kami tidak melakukan langkah yang besar, tapi modifikasi kecil untuk membuat saya lebih nyaman saat membalap," ujar Lorenzo, kepada Motorsport.com.

Baca juga: Sapa Penggemar saat Kualifikasi, Vinales Dihukum Start ke Posisi 6

Lorenzo mengaku bisa membalap lebih agresif, lebih cepat, dan juga lebih konsisten. Meski demikian, pebalap yang sudah meraih tiga kali juara dunia MotoGP ini mengaku masih kehilangan sedikit waktu untuk bisa bersaing dengan pebalap teratas.

Desain tangki bahan bakar yang baru juga diyakini sangat mirip dengan desain tangki yang ia gunakan saat masih berada di Ducati tahun lalu. Desain tangki tersebut berhasil mengantarnya jadi juara di Mugello tahun lalu.

"Saya yakin tangki bahan bakar ini membawa perubahan. Tapi kita akan lihat nanti, balapan nanti akan sangat panas dan menguras tenaga. Semoga saja saya bisa menyimpan sedikit energi untuk menggunakannya di akhir balapan," kata Lorenzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com