Kenapa Tuas Transmisi Matik Ada yang Model Zig-Zag ?

Kompas.com - 16/06/2019, 07:31 WIB
Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tuas transmisi mobil matik saat ini telah mengalami pengembangan. Mungkin banyak yang memperhatikan bila model tuas transmisi antara satu mobil matik dengan mobil matik lainnya memiliki perbedaan.

Paling signifikan dari bentuk tampilannya. Bila dulu alur dari transmisi matik cenderung polos, artinya dari P-R-N-D-L hanya tinggal menarik garis lurus, kini cenderung memiliki pola seperti zig-zag.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 HR. Muhammad Surabaya Andreas Totok, adanya perbedaan lay out pada tuas transmisi dibuat bukan sekadar untuk mempermanis atau sebagai variasi desain saja.

Baca juga: 3 Faktor Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Menipis

"Memang kebanyakan mobil baru sekarang pola desain transmisi (matik) seperti dibuat bertingkat atau zig-zag, tidak lurus, kita sebut itu model gate. Ini bukan tanpa sebab atau hanya fashion saja, tapi terkait unsur dalam berkendara dan masalah safety," ucap pria yang akrab disapa Totok kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Transmisi Otomatis XpanderStanly/KompasOtomotif Transmisi Otomatis Xpander

Totok menjelaskan dibuatnya model zig-zag pada tuas transmisi lebih untuk menjaga ketepatan ketika memindahkan tuas dari posisi satu ke posisi lain. Intinya untuk mencegah tuas transmisi berpindah ke posisi yang tidak seharusnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena transmisi model lurus atau straight umumnya akan sangat sensitif berpindah ketika tidak sengaja tersenggol. Contoh saat berkendara membawa anak kecil yang senang mengutak-atik area dasbor, bila sampai tuas tersenggol pada posisi yang tidak seharusnya akan sangat berbahaya.

Baca juga: Bisakah Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik?

Tuas transmisi otomatis dan tombol putar buat pemilih sistem gerak pada All-New Mitsubishi Strada Triton tipe Exceed A/T.Febri Ardani/KompasOtomotif Tuas transmisi otomatis dan tombol putar buat pemilih sistem gerak pada All-New Mitsubishi Strada Triton tipe Exceed A/T.

"Bila saat posisi D ketika berjalan, lalu tersenggol dan geser ke posisi N ini akan sangat berbahaya. Apalagi bila ternyata geser ke posisi R, tentu akan membuat gear-box rawan mengalami kerusakan," kata Totok.

Tidak hanya itu, menurut Totok, terkadang pengemudi mobil matik sering memindahkan tuas transmisi hanya berdasarkan perasaan, artinya hanya bermodalkan ingatan tanpa melihat posisi transmisinya. Dengan tuas transmisi yang dibuat berjenjang, akan membuat pengemudi menjaga kesadaran untuk melihat apakah tuas tersebut sudah berada di posisi yang seharusnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.