Bisakah "Engine Brake" pada Mobil Transmisi Matik?

Kompas.com - 11/06/2019, 16:33 WIB
Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Cukup banyak pengguna mobil transmisi matik yang tak memahami cara kerja engine brake pada transmisi tanpa gigi tersebut. Bahkan banyak beranggapan bila mobil transmisi matik tak bisa melakukan engine brake.

Engine brake sendiri merupakan teknik memperlambat laju mobil dengan cara mengandalkan putaran mesin ketika transmisi diturunkan ke gigi yang lebih rendah. Pada mobil transmisi manual, cara ini sudah biasa dilakukan, tetapi bagi mobil transmisi matik ada tekniknya untuk melakukan ini.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya Andreas Totok, mobil transmisi matik tetap memiliki kemampuan untuk melakukan engine brake. Hanya saja penggunanya masih banyak yang tak mengerti untuk melakukannya.

Baca juga: Tips buat Sopir Pemula yang Bawa Mobil Transmisi Matik

"Pada tuas transmisi mobil transmisi matik, biasanya setelah D ada posisi 2 dan L atau ada juga yang menyediakan tombol over drive (OD), untuk mendapatkan engine brake, pengendara bisa mengeser tuas ke posisi 2 atau menekan OD. Tetapu jangan langsung pindahkan transmisi ke posisi L karena mobil akan sangat menyentak, apalagi ketika kecepatan tinggi bisa rusak gearbox-nya," kata Totok kepada Kompas.com, Selasa (11/6/2019).

Totok menjelaskan pada mobil transmisi matik modern yang menggunakan sistem transmisi CVT, engine brake akan lebih mudah dioperasikan. Hal ini lantaran pada CVT pengendara diberikan opsi untuk menentukan perpindahan gigi layakanya mengendarai mobil transmisi manual.

Ilustrasi paddle shift Ilustrasi paddle shift

Tingkat transmisinya sendiri berbeda-beda, ada yang enam percepatan otomatis, ada pula yang delapan percepatan otomatis.

Cara mengoperasikan perpindahan gigi bisa diakses dengan memainkan tuas transmisi, atau melalui tombol paddle shift yang terdapat di belakang kemudi. Cara tersebut juga bisa digunakan pengendara untuk memanfaatkan engine brake guna membantu kerja rem saat akan memperlambat atau menghentikan kendaraan.

"Kenali kerjanya seperti apa, jangan langsung turunkan tuas transmisi ke gigi paling rendah, tapi lakukan secara bertahap sesuai kebutuhan," ucap Totok.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X