Dovizioso Mulai Belajar Balap Mobil

Kompas.com - 08/06/2019, 15:02 WIB
Dovizioso balapan DTMFoto: Audi Media Center Dovizioso balapan DTM

SAN MARINO, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso menjajal Audi RS 5 DTM. Mobil yang akan dipakainya untuk balapan Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) bersama tim Audi di Sirkuit San Marino, 8-9 Juni 2019.

Persiapan yang dilakukannya pun tidak main-main, selama dua hari Dovizioso menghabiskan 183 lap agar bisa tampil kompetitif saat balapan. Pebalap Ducati ini juga ditemani mantan pebalap Audi yang mengajarkannya teknik-teknik di balapan mobil.

Baca juga: Dapat Wildcard, Dovizioso Mau Balapan DTM

 

"Mobil yang saya pakai sangat impresif karena sangat bertenaga, tapi sulit dikendarai. Mobil ini punya banyak tenaga di putaran bawah, tapi tenaga itu sulit dikendalikan," kata Dovizioso kepada GPOne, Sabtu (8/6/2019).

Dovi mengatakan, pengetahuannya di MotoGP yaitu balapan motor tak berguna di balapan mobil. Meskipun pada dasarnya dia tahu bagian-bagian Sirkuit Misano. Sebab katanya, cara belok motor dan mobil berbeda, sudut masuk dan keluarnya juga tidak sama.

DoviziosoFoto: Audi Dovizioso

"Di MotoGP kami harus mengambil tikungan dengan lembut, kami punya waktu mempersiapkan motor saat keluar tikungan dan berakselerasi. Tapi ini berbeda, saya harus memotong kurva tikungan dan posisinya harus lebih terbuka. Setelah itu, ada banyak hal yang juga saya harus pelajari, mengenai cara memakai DRS hingga menemukan sensitifitas saat downforce untuk membantu mobil saat melahap tikungan," katanya.

Baca juga: Waktu Tepat Pemudik Kembali ke Jakarta

Dovizioso mendapat kesempatan menjajal balap DTM setelah mendapat wildcard untuk menggantikan Pietro Fittipaldi, yang harus absen karena bentrok dengan tugasnya sebagai pebalap cadangan Formula 1 di tim Haas untuk seri GP Kanada.

"Saya suka mobil dan saya merasa beruntung bisa balapan dengan Audi RS 5 DTM. Sulit untuk menemukan waktu untuk mempersiapkannya selama musim MotoGP, tetapi saya benar-benar berharap bisa bersaing," kata dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X