Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Tepat Pemudik Kembali ke Jakarta

Kompas.com - 08/06/2019, 11:02 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus balik Lebaran sudah mulai berjalan sejak Jumat (7/6/2019). Bahkan diprediksi puncak tingginya volume kendaraan yang kembali ke DKI Jakarta melewati Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama bakal terjadi pada akhir pekan ini.

Meski sejumlah stategi rekayasa lalu lintas sudah disiapkan, namun dengan meningkatnya jumlah pemudik kendaraan pribadi, diperkirakan tetap akan ada kepadatan lalu lintas di beberapa titik, khususnya di rest area.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, berpesan agar masyarakat memulai perjalanan balik dari kampung halaman sejak pagi hari.

Baca juga: Penerapan One Way Arus Balik Hari Pertama Mundur Dua Jam

"Baiknya jangan terlalu siang, mulai dari pagi harusnya sudah jalan, apalagi yang wilayahnya cukup jauh. Dengan melakukan perjalanan lebih pagi, ditambah adanya one way dari Semarang (GT Kalikangkung) otomatis mereka sudah bisa masuk ke Jakarta minimal sore atau malam hari," ucap Budi kepada Kompas.com di Cikampek, Jumat (7/6/2019).

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.
Budi menjelaskan bila masyarakat memilih perjalan terlalu sore, dikhawatirkan akan terjebak dengan kepadatan lalu lintas. Hal ini dikarenakan saat berkendara sore hari, kecenderungan melakukan istirahat lebih banyak, kondisi ini membuat beberapa rest area penuh dan terjadi penumpukan kendaraan yang bisa berdampak pada perlambatan lalu lintas.

Tetapi bagi masyarakat yang memiliki waktu libur Lebaran cukup panjang, disarankan untuk balik selepas 10 Juni 2019. Estimasi arus lalu lintas akan cenderung tidak sepadat pada akhir pekan ini.

"Ini juga jadi perhatian, bila memang rest area terlihat sudah penuh jangan memaksa masuk. Agar beristirahat nyaman, lebih baik keluar di pintu terdekat untuk mencari makan dari pada harus bersesak numpuk dan membuat kepadatan. Untuk yang cuti panjang, disarankan pulang lebih lambat bila memang tidak ada keperluan mendesak," ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com