Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarak Main Kopling, Lebih Nyaman Jauh atau Dekat?

Kompas.com - 02/06/2019, 21:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta. Dengan demikian, kemacetan pun sering kali tak terhindarkan. Maka itu, jarak main atau free play kopling juga menentukan agar kaki tidak cepat pegal saat di perjalanan.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bagaimana jarak main kopling yang nyaman digunakan untuk perjalanan mudik.

Baca juga: Saat Mudik, Mobil yang Pakai Roof Box Harus Ekstra Waspada

"Kalau jarak main jauh yang dimaksud adalah free play kopling dibuat besar dari standar, sehingga penginjakan pedal kopling agak lebih dalam. Untuk jarak jauh, sebenarnya lebih baik yang begini," terang Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Pasalnya, kalau free play dibuat lebih kecil atau dekat, kaki jadi lebih pegal. Lalu, kalau kaki si pengendara tetap berada di pedal, akan mempercepat habisnya kopling," lanjut Imam.

Baca juga: Posisi Duduk Nyaman, Mudik Lebih Aman

Imam menambahkan, jarak free play itu standarnya antara 10 mm sampai dengan 20 mm. Kopling sendiri terdiri dari dua jenis, ada yang masih pakai kabel dan ada yang sudah menggunakan sistem hidrolik.

Untuk pengaturannya, lebih mudah pada kopling jenis kabel. Tapi, mobil-mobil modern sekarang ini banyak yang sudah pakai sistem hidrolik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com