Jarak Main Kopling, Lebih Nyaman Jauh atau Dekat?

Kompas.com - 02/06/2019, 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta. Dengan demikian, kemacetan pun sering kali tak terhindarkan. Maka itu, jarak main atau free play kopling juga menentukan agar kaki tidak cepat pegal saat di perjalanan.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bagaimana jarak main kopling yang nyaman digunakan untuk perjalanan mudik.

Baca juga: Saat Mudik, Mobil yang Pakai Roof Box Harus Ekstra Waspada

"Kalau jarak main jauh yang dimaksud adalah free play kopling dibuat besar dari standar, sehingga penginjakan pedal kopling agak lebih dalam. Untuk jarak jauh, sebenarnya lebih baik yang begini," terang Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Pasalnya, kalau free play dibuat lebih kecil atau dekat, kaki jadi lebih pegal. Lalu, kalau kaki si pengendara tetap berada di pedal, akan mempercepat habisnya kopling," lanjut Imam.

Baca juga: Posisi Duduk Nyaman, Mudik Lebih Aman

Imam menambahkan, jarak free play itu standarnya antara 10 mm sampai dengan 20 mm. Kopling sendiri terdiri dari dua jenis, ada yang masih pakai kabel dan ada yang sudah menggunakan sistem hidrolik.

Untuk pengaturannya, lebih mudah pada kopling jenis kabel. Tapi, mobil-mobil modern sekarang ini banyak yang sudah pakai sistem hidrolik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.