Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mudik, Mobil yang Pakai "Roof Box" Harus Ekstra Waspada

Kompas.com - 02/06/2019, 08:04 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan mobil pribadi dan memasang roof box, diimbau untuk tetap waspada selama di perjalanan menuju ke kampung halaman. Jika tidak, bisa membahayakan buat diri sendiri dan juga pengguna jalan lain.

Sebab, tidak menutup kemungkinan barang bawaan yang disimpan di atap mobil melalui bagasi tambahan itu bisa terjatuh karena berbagai faktor. Misal, ikatannya tidak bagus, hingga kelebihan muatan dan dapat menyebabkan insiden.

Sebagai contoh pemudik yang mengarah ke Merak, barang bawaan yang disimpan di roof box berceceran di tengah jalan tol, tepatnya di KM 30 arah dari Jakarta menuju Merak.

Baca juga: Marquez Pole Position, Rossi Start ke-18 di GP Mugello

Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Dirkamsel Korlantas Polri pun mengimbau agar pemudik selalu waspada selama di perjalanan.

Roof Rail yang sudah disediakan pada SUVwww.hondapartsdeals.com Roof Rail yang sudah disediakan pada SUV

"Utamakan keamanan dan keselamatan ketika berkendara, patuhu semua rambu dan aturan lalu lintas yang sudah ada," kata Chryshnanda kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) juga mengatakan, membawa penumpang dan barang tidak bisa sembarangan, mobil tersebut tak boleh over weight karena akan mempengaruhi stabilitas dan kekuatan ban menahan beban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com