Saat Mudik, Mobil yang Pakai "Roof Box" Harus Ekstra Waspada

Kompas.com - 02/06/2019, 08:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan mobil pribadi dan memasang roof box, diimbau untuk tetap waspada selama di perjalanan menuju ke kampung halaman. Jika tidak, bisa membahayakan buat diri sendiri dan juga pengguna jalan lain.

Sebab, tidak menutup kemungkinan barang bawaan yang disimpan di atap mobil melalui bagasi tambahan itu bisa terjatuh karena berbagai faktor. Misal, ikatannya tidak bagus, hingga kelebihan muatan dan dapat menyebabkan insiden.

Sebagai contoh pemudik yang mengarah ke Merak, barang bawaan yang disimpan di roof box berceceran di tengah jalan tol, tepatnya di KM 30 arah dari Jakarta menuju Merak.

Baca juga: Marquez Pole Position, Rossi Start ke-18 di GP Mugello

Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Dirkamsel Korlantas Polri pun mengimbau agar pemudik selalu waspada selama di perjalanan.

Roof Rail yang sudah disediakan pada SUVwww.hondapartsdeals.com Roof Rail yang sudah disediakan pada SUV

"Utamakan keamanan dan keselamatan ketika berkendara, patuhu semua rambu dan aturan lalu lintas yang sudah ada," kata Chryshnanda kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) juga mengatakan, membawa penumpang dan barang tidak bisa sembarangan, mobil tersebut tak boleh over weight karena akan mempengaruhi stabilitas dan kekuatan ban menahan beban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.