Rem Depan Blong Penyebab Gagalnya Rossi di Kualifikasi

Kompas.com - 02/06/2019, 11:21 WIB
Valentino Rossi menggunakan helm dengan desain baru khusus untuk GP Mugello 2019. motogp.comValentino Rossi menggunakan helm dengan desain baru khusus untuk GP Mugello 2019.

MUGELLO, KOMPAS.com - Pebalap tim Monster Yamaha, Valentino Rossi, alami masalah dengan rem depan pada motornya saat sesi FP3. Hal tersebut menjadi awal penyebab dirinya harus start dari urutan ke-18.

Masalah ini dialaminya saat Rossi melaju di tikungan terakhir. Untungnya, ia berhasil mengangkat motornya saat menikung dan aman melintasi gravel tanpa terjatuh.

Tapi, karena masalah itu juga membuat catatan waktu Rossi tak memenuhi untuk langsung masuk ke sesi kualifikasi Q2. Rossi harus melakukan Q1 sebelumnya bersama Andrea Dovizioso, Alex Rins, Michele Pirro, dan lainnya.

Baca juga: Marquez Pole Position, Rossi Start ke-18 di GP Mugello

"Sejujurnya, saya mengira akan lebih kuat, karena tahun lalu kami membalap dengan baik di sini dan kami meningkat di beberapa area. Tapi sekarang kami sangat kesulitan sejak awal," ungkap Rossi, dilansir dari Motorsport.com.

Rossi baru berhasil lakukan peningkatan pada saat sesi FP3. Strategi yang dilakukannya pada sesi ini pun berjalan dengan lancar. Sayangnya, target untuk masuk Q2 gagal diraih.

"Sayangnya, sejak tikungan Biondetti ke Bucine, motor saya sangat tidak stabil dan saat di tikungan terakhir, rem depan blong. Tuas rem depan bahkan sudah menyentuh setang, dan saya pun terpaksa untuk melebar," jelas Rossi.

Baca juga: Petrucci Pensiun dari MotoGP Jika Didepak Ducati

Saat Q1, Rossi tidak berhasil meningkatkan catatan waktunya dan terpaksa harus start dari urutan ke-18, yang merupakan hasil kualifikasi terburuknya selama balapan di Mugello. Hanya Dovi dan Pirro yang berhasil lolos Q1.

Masalah utama Rossi di Mugello adalah temperatur trek. Menurutnya, saat temperatur tinggi, akan semakin sulit baginya untuk bisa berakselerasi lebih cepat jika performa ban sudah menurun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.