Tanggapan Toyota Indonesia Soal Hasil Tes Tabrak Avanza

Kompas.com - 01/06/2019, 08:22 WIB
Toyota Avanza raih dua bintang untuk keselamatan penumpang anak-anak dalam tes Global NCAP untuk Afrika Selatan Global NCAPToyota Avanza raih dua bintang untuk keselamatan penumpang anak-anak dalam tes Global NCAP untuk Afrika Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza mendapat rating dua bintang untuk kategori keselamatan penumpang anak. Tes tabrak dilakukan oleh Global NCAP bersama Automobile Association of South Africa dalam kampanye #SaferCarsforAfrica.

Avanza yang dites di Afrika Selatan itu merupakan produksi Indonesia. Unitnya dikirim oleh  Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN), yang merupakan perakit dan pembuat suku cadang serta eksportir kendaraan bermerek Toyota. Produksi Avanza sendiri dilakukan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku cabang usaha Grup Toyota di Indonesia.

Baca juga: Kabin Toyota Rush Manjakan Tim Merapah Trans Jawa

Menanggapi hal tersebut, Teguh Trihono, General Manager External Affairs Division TMMIN mengatakan, semua mobil Toyota yang diekspor oleh TMMIN termasuk di dalammnya Avanza memiliki kualitas global yang sama.

"Keselamatan merupakan faktor penting dalam pembuatan mobil-mobil Toyota tanpa terkecuali. Kami terus menerus berusaha lebih keras untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan berkendara bagi seluruh konsumen dan memenuhi standar regulasi yang berlaku," kata Teguh kepada Kompas.com, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Kerjasama Toyota Daihatsu Terbuka untuk Mobil Listrik

Avanza yang dites merupakan tipe paling bawah yang sudah menggunakan dual airbag untuk penumpang depan. Meski hanya meraih dua bintang, tapi hasil ini lebih tinggi dari Suzuki Ignis dan Honda Amaze yang hanya mendapat satu bintang.

Global NCAP melakukan pengujian keselamatan penumpang anak menggunakan sistem Child Restrain System (CRS). Caranya dengan menabrakan mobil dan melihat dampak tumbukan pada kursi anak yang sudah menggunakan ISOFIX.

Hasil pengujian memperlihatkan Avanza memperoleh empat bintang dari lima bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Namun, hanya mendapat dua bintang untuk anak kecil karena jok belakang terlepas dari pengait.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X