Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Formula 1 Niki Lauda Meninggal Dunia

Kompas.com - 21/05/2019, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

WINA, KOMPAS.com - Legenda balap Formula 1 Niki Lauda meninggal dunia pada usia 70 tahun, Senin (20/5/2019). Juara dunia F1 tiga kali tersebut meninggal setelah beberapa kali kondisi fisiknya dikabarkan menurun.

Lauda mengalami masalah dengan kesehatannya sejak pertengahan tahun lalu dan menjalani operasi transplantasi paru-paru pada Agustus 2018. Pada Januari 2019, dia kembali masuk rumah sakit setelah terjangkit flu.

Baca juga: Cegah Keletihan saat Mudik, Pakai 3 Jurus Ini

"Dengan rasa kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa Niki kami yang tercinta telah meninggal dunia dengan tenang bersama keluarganya pada Senin (20/5/2019)," tulis keluarga Lauda dalam pernyataan resmi mereka melansir Motorsport.

Lauda merupakan sosok penting di dunia F1 lebih dari empat dekade. Karirnya dimulai pada 1971. Tiga tahun kemudian, 1974, ia memenangkan balapan pertamanya bersama Ferrari dan akhirnya merebut gelar juara dunia pada 1975.

"Pencapaian uniknya sebagai atlet dan usahawan tidak akan pernah terlupakan. Begitu juga dengan semangatnya yang tidak kenal lelah untuk bertindak, serta keberaniannya. Dia akan menjadi panutan bagi kita semua, dia adalah seorang suami, ayah, dan kakek, yang penyayang. Dia akan sangat dirindukan," tambah keluarga.

Baca juga: Polisi Akan Kawal Bus AKAP yang Menuju Jakarta

Tahun berikutnya Lauda mengalami kecelakaan mengerikan di Nurburgring, Jerman. Mobilnya terbakar dan membuatnya mengalami luka bakar di sekujur tubuh. Meski begitu dia hanya absen dua balapan dan berhasil jadi runner up perebutan gelar pada 1976.

Kisah heroik Lauda kemudian dibuat film berjudul 'Rush' pada 2013 yang mengisahkan perseteruannya dengan rival utama James Hunt di era 70'an. Jauh sebelum era perseteruan Ayrton Senna dan Alain Prost atau Michael Schumacher dengan Mika Hakkinen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com