Kompas.com - 18/05/2019, 03:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pemerintah tidak menganjurkan masyarakat untuk melakukan mudik mengendarai sepeda motor, nyatanya tetap masih banyak pemudik yang menggunakan moda transportasi ini.

Padahal, beberapa instansi, mulai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Daerah, BUMN, hingga swasta, sudah menggelar mudik gratis. Dari data yang dihimpun Kemenhub di tahun 2019, program mudik gratis ini dapat mengangkut 389.431 penumpang dengan jumlah motor mencapai lebih dari 29.000 unit.

Baca juga: Empat Proyek di Tol Cikampek Distop Saat Mudik

"Tahun lalu, mudik pakai roda dua itu sekitar 500.000 unit. Mereka melintas melalui jalur utara dan selatan," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Refdi Andri, di sela-sela diskusi yang digelar TerasKita dengan tema 'Mudik Selamat, Guyub Rukun' di Crowne Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

"Mereka banyak yang berboncengan. Walaupun berboncengan, membawa barang secukupnya, kami harap mereka semua pengendara yang mengutamakan keselamatan," tambahnya.

Baca juga: Sambut Mudik, KTB Buka Posko Kendaraan Niaga

Refdi berharap jumlah pemudik yang menggunakan roda dua di tahun ini bisa menurun, karena sudah banyak sarana dan prasarana yang sudah disiapkan oleh berbagai instansi swasta dan BUMN, seperti mudik bareng dengan berbagai fasilitas dan kelengkapannya.

Namun, hasil survey litbang Kemenhub mengatakan, pemudik yang menggunakan roda dua di tahun ini naik sebesar 6,3 persen dibanding tahun lalu. Total pemudiknya sendiri mencapai 942.621 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.