Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14,9 Juta Unit Kendaraan Akan Mudik Tinggalkan Jakarta

Kompas.com - 16/05/2019, 14:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Total kendaraan dari Jabodetabek yang akan melakukan mudik Lebaran 2019 diprediksi mencapai 14,9 juta kendaraan. Sedangkan secara keseluruhan, jumlah pemudik mobil tahun ini meningkat 30 persen sedangkan sepeda motor 20 persen.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin mengatakan, berdasarkan hasil survei Angkutan Lebaran 2019 dari Badan Litbang Perhubungan, Jawa Tengah masih jadi tujuan utama pemudik, disusul Jawa Barat dan Jawa Timur di tempat ketiga.

Baca juga: Pilih Asuransi Mobil yang Tepat buat Mudik Lebaran

"Pemudik sebagian besar menuju ke Jawa Tengah, nomor dua Jawa Barat dan Jawa Timur. Sisanya lain-lain termasuk ke luar pulau, ke arah Sumatera ada tapi tidak banyak jika dibandingkan dengan Jawa," kata Benyamin kepada Kompas.com, Kamis (16/5/2019).

Jawa Tengah menyerap 5,6 juta atau 37,68 persen dari total pemudik. Jawa Barat di posisi kedua sebesar 3,7 juta atau 24,89 persen, dan Jawa Timur sebesar 1,6 juta atau 11,14 persen. Pengunaan jalan tertinggi untuk roda empat masih berada di Tol Cikampek, sedangkan roda dua di jalur Pantura.

Baca juga: Potensi Bahaya saat Istirahat Mudik di Dalam Kabin Mobil

"Strategi yang kita terapkan dan mungkin masih efektif yaitu one way, yang akan kita lakukan pada puncak arus mudik mulai 30 Mei-2 juni 2019. Sedangkan untuk arus balik dari tanggal 8-10 Juni 2019. Walaupuns sebetulnya tanggal 10 itu sudah masuk senin," katanya.

Sistem satu arah ini akan diterapkan di tol Cikampek mulai dari km 29 Gerbang Tol Cikarut didahului contra flow di km 25 sampai km 262 yaitu di exit tol Brebes Barat. Hal ini dilakukan supaya meminimalisir penumpukan kendaraan di Cikampek yang sangat padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com