Cara Cuci Motor Listrik yang Benar, Cegah Bahaya Korsleting

Kompas.com - 19/04/2019, 17:02 WIB
Honda PCX Listrik              Aditya Maulana - KompasOtomotif Honda PCX Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor dan Gesits sudah memperkenalkan sepeda motor listrik mereka di Indonesia. Motor listrik tentu memerlukan perawatan yang berbeda dengan motor biasa.

Termasuk salah satunya dalam hal pencucian. Namun, ternyata mencuci motor listrik pun tidak terlalu sulit.

Baca juga: Cara Benar Mengendarai Motor Listrik Menurut Instruktur Keselamatan

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencuci motor biasa. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” ujar Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), saat peluncuran PCX Electric beberapa waktu lalu.

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” lanjutnya.

Reza juga menambahkan, bagi konsumen yang ingin mencucinya di tukang cuci steam juga tidak perlu khawatir. Asalkan tidak ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Baca juga: Tanpa Suara, Motor Listrik Bisa Menjadi Berbahaya

Hal senada diucapkan oleh teknisi Viar, Abdul, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/4/2019). Menurutnya, ada beberapa bagian yang memang tidak boleh disemprot air dengan tekanan tinggi.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," kata Abdul.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X