Begini Langkah yang Benar Bangun Motor Custom

Kompas.com - 05/04/2019, 07:42 WIB
Kawasaki W175 bergaya chopper garapan bengkel Katros Garage. Instagram/Katros GarageKawasaki W175 bergaya chopper garapan bengkel Katros Garage.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan dunia modifikasi sepeda motor, yang kini disebut custom culture terus meningkat. Tidak sedikit para pecinta kendaraan roda dua yang mulai melakukan custom pada tunggangannya, demi memenuhi hasrat pribadi.

Meng-custom adalah salah satu cara untuk membuat motor menjadi berbeda dengan yang lain dan sesuai dengan karakter sendiri. Namun, membangun motor custom tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Pilih Ban Motor Custom Sesuai Aliran

Simak tips- tips dari Andi Akbar selaku punggawa Katros Garage, builder yang juga membangun motor custom untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

1. Donor
Donor yang dimaksud di sini adalah motor apa yang mau dipakai sebagai basisnya. Apakah motor dengan kapasitas mesin kecil seperti 150-250 cc atau motor besar dengan kapasitas 400-1000 cc.

2. Aliran
Tentukan aliran atau gaya modifikasi yang ingin diterapkan, seperti cafe racer, tracker, chopper, streetcub, dan lain-lain. "Untuk yang ini jangan cuma ikut-ikutan tren aja. Bisa browsing sendiri aliran apa yang sekiranya sesuai dengan selera atau bisa ekspresikan diri sendiri," ujar pria yang akrab disapa Atenx kepada Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.Instagram/katrosgarage Yamaha Scorpio dengan ubahan bergaya Vintage Trail garapan bengkel Katros Garage.

3. Dimensi
Tentukan dimensi motor yang diinginkan. Hal ini lebih menyangkut kepada postur badan atau kondisi fisik. Jangan sampai dimensi motor lebih besar dibandingkan badan atau sebaliknya. Perhatikan juga ketinggian motor.

4. Detail
Sampaikan pada modifikator, komponen atau aksesori apa yang mau dipasang di motor. Hal ini termasuk juga dengan model atau merek tertentu. Jika masih awam, jangan ragu untuk meminta referensi atau arahan dari modifikator atau builder.

Baca juga: Daftar Harga Aksesori Motor Custom buat Modifikasi

5. Budget
Tentukan perkiraan biaya modifikasi yang ingin dikeluarkan. "Hal ini bertujuan agar modifikasi yang dilakukan tidak sampai over budget," ujar Atenx.

Deretan motor modifikasi yang dikerjakan di bengkel custom Katros Garage di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (18/7/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor modifikasi yang dikerjakan di bengkel custom Katros Garage di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (18/7/2018).

6. Desain
"Setelah langkah-langkah tadi udah terpenuhi, gue sih biasanya ngasih sketsa motor yang gue buat, atau kalo si pemilik motor udah punya sketsa sendiri justru lebih bagus," jelasnya.

7. Progress
Begitu semua tahapan udah disetujui oleh kedua belah pihak, tahapan eksekusi baru bisa dimulai. Tapi jangan lepas tangan begitu saja, tetap kontrol perkembangan custom pada motor.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X