Kompas.com - 26/03/2019, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi calon konsumen motor bekas, memperhatikan kondisi motor adalah cara pertama untuk menilai. Namun bagaimana dengan motor yang sudah di modifikasi?

Beberapa penjual motor bekas memang menjual sepeda motor dengan kondisi seperti yang diberikan pemilik lama. Termasuk dengan beberapa modifikasi.

“Tapi kebanyakan itu untuk motor berjenis sport. Sebab, motor dengan modifikasi diakui memang lebih menarik minat calon konsumen,” ucap Hendra dari Talenta Motor Palmerah saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Hendra, konsumen motor sport yang masuk ke hobi, akan lebih tertarik jika mendapatkan tambahan aksesori modifikasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah apakah masih ada suku cadang original yang disertakan oleh pemilik motor lama.

Baca juga: Sepeda Motor Bekas dengan Karburator Masih Laris

“Kalau tidak ada spare part originalnya, konsumen bisa saja meminta penyesuaian harga. Sebab selama ini kalau ada modifikasi, tentu harus ada komponen ori-ya,” ucap Hendra.

Hal yang sama diungkapkan Husein dari HE Motor Rawa Belong. Selama ini motor modifikasi bila dari jenis bebek dan skutik, jarang diterima.

“Orang pasti lebih bisa menilai kalau kondisi originalnya. Kalau motor sport, karena banyaknya hobi, pasti ada yang mau. Bebek dan skutik berbeda. Dari harga juga tidak banyak mempengaruhi, tetap lihatnya mesin dan kilometer,” ucap Husein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.