Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diler Ini Bikin Daftar Harga Seperti "Menu" Makanan

Kompas.com - 20/03/2019, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Saat datang ke bengkel untuk melakukan perawatan berkala atau servis rutin, biasanya konsumen masih binggung dengan estimasi biaya yang harus dikeluarkan. Kondisi ini kadang membuat khawatir takut tidak sesuai dengan bujet yang dimilikinya.

Untuk megatasi hal ini, diler Auto2000 HR Muhammad di Surabaya, Jawa Timur, punya cara unik menginformasikan kisaran biaya servis saat konsumen datang ke bengkel, yakni dengan menyediakan buku "menu" khusus kepada konsumen.

Konsepnya seperti restoran, tapi daftar menu yang dihadirkan bukan berisi list makanan, melainkan biaya servis yang diambil berdasarkan jarak tempuh. Menariknya lagi, dalam menu tersebut juga sudah dilengkapi dengan rincian informasi mengenai jenis pergantian sampai perawatan mobil Toyota .

Baca juga: Syarat Mesin Diesel Toyota Aman Tenggak B20

"Fungsi buku menu ini sebenarnya sebagai informasi bagi konsumen yang datang mau melakukan servis. Saat konsumen datang antre, akan ada petugas yang memberikan buku menu servis ini, selain bisa mengestimasi biaya yang akan dikeluarkan, tentu juga menjadi bahan bacaan ketika mereka menunggu di dalam mobil," ucap Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya Andreas Totok Sugianto, kepada media saat berkunjung ke bengkel, Selasa (19/3/2019).

Auto2000 HR Muhammad, Surbaya Auto2000 HR Muhammad, Surbaya
Totok menjelaskan bila harga yang tertera pada buku menu tersebut merupakan kisaran atau estimasi yang bisa dijadikan patokan. Bila ada perubahan biaya atau tambahan, seperti adanya kerusakan lain dan sebagainya, maka kondisi tersebut akan dikonfirmasikan lebih dulu ke konsumen.

Baca juga: Cara Baru Auto2000 Layani Konsumen

"Ketepatannya 67 persen, jika melenceng ada petugas yang akan menginformasikan ke konsumen. Begitu juga kalau ada kerusakan suku cadang lain, kita kasih tahu dan informasikan dulu ke konsumennya," ucap Totok.

Tidak hanya menu servis, ragam inovasi lain juga banyak dilakukan oleh Auto2000 HR Muhammad. Contohnya seperti shuttle service to mall, kepastian waktu saat antre servis, Service Advisor Tag yang dilekatkan di mobil konsumen lengkap dengan nomor kontaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com