Syarat Mesin Diesel Toyota Aman Tenggak B20

Kompas.com - 19/03/2019, 18:31 WIB
Mesin Toyota Innova Diesel istimewaMesin Toyota Innova Diesel
Penulis Stanly Ravel
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Sampai saat ini pengguna mobil diesel, khususnya konsumen Toyota Innova dan Fortuner, banyak yang menanyakan apakah boleh mengkonsumsi Biosolar (B20). Pasalnya, pada sejumlah daerah pasokan solar dengan kualitas baik seperti Pertamina Dex masih jarang, selain itu hargannya pun masih cukup tinggi.

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya Andreas Totok Sugianto, menjelaskan tidak ada masalah mengkonsumsi B20. Bahkan Totok juga menjamin bia tidak akan mengugurkan garansi kendaraaan.

"Tidak masalah, garansi juga tidak hilang. Tapi memang ada konsekuensinya, seperti durasi pergantian filter solar yang lebih cepat dari biasanya. Selain itu performa juga pastinya turun, berbeda dengan menggunakan Pertamina Dex," ucap Totok kepada media dalam acara Auto2000- Jawa Timur Region Exploration, di Surabaya, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Kaleidoskop 2018: Implementasi Diesel Biosolar B20

Menurut Totok, bila biasanya menggunakan Pertamina Dex pemilik mobil mengganti filter solar tiap 20.000 kilometer (km), maka saat menggunakan jenis solar di bawahnya, seperti B20 dipercepat menjadi 10.000 km. Sedangkan untuk kondisi perbedaan performa, menurut Totok hal yang wajar dan tergantung dari konsumennya masing-masing.

Toyota Fortuner menjadi motor penggerak pertumbuhan positif Toyota.TAM Toyota Fortuner menjadi motor penggerak pertumbuhan positif Toyota.

Bila memang ingin mendapatkan performa yang baik dan menjaga ruang bakar tetap bersih, sebaiknya menggunakan jenis BBM yang sudah dianjurkan dalam hal ini seperti Pertamax Dex. Konsumen yang melakukan kombinasi konsumsi jenis solar juga diklaim masih tetap aman.

Baca juga: Rahasia Mitsubishi Supaya Aman Minum Solar B20

Contohnya menggunakan Pertamina Dex untuk keluar kota karena kebutuhan performa, dan menggunakan B20 atau Dexlite untuk dalam kota. Hal tersebut dianggap Totok bukanlah masalah selama jenisnya masih Solar.

"Yang masalah itu kalau Solar dicampur dengan bensin biasa, tapi kalau Pertamax Dex lalu dicampur dengan Biosolar saat dalam kota itu bisa saja dilakukan," ujar Totok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X