Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Desain Sirkuit Jalan Raya untuk MotoGP Indonesia

Kompas.com - 13/03/2019, 07:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Indonesia pada 2021 akan berlangsung di kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Konsep Sirkuit yang akan dipakai, yaitu jalan raya atau bukan pada umumnya.

Lantas, siapa yang mendesain Sirkuit tersebut?

Miranti N. Rendranti, Corporate Secretary ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) mengatakan, Populus yang melakukan Visionary Design, sementara konseptualisasi oleh ITDC, Vinci dan Roadgrip Motorsports UK Ltd.

Roadgrip Motorsports UK Ltd merupakan perusahaan global dengan spesialisasi dalam persiapan permukaan, penyelesaian, dan kegiatan konstruksi lainnya untuk industri bandara, balap motor, dan jalan bebas hambatan.

"Roadgrip mengerjakan sirkuit yang akan digunakan balapan Formula 1 maupun MotoGP. Sebut saja seperti Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Singapura atau Red Bull Ring, Austria," ujar Miranti kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Jokowi Kasih "Lampu Hijau" Indonesia Gelar MotoGP di 2021

Menurut dia, sekarang ini sudah mulai dikerjakan seperti pengaspalan dasar yang nanti tahap selanjutnya dilakukan oleh pihak terkait yang memiliki spesifikasi sesuai dengan ketentuan dari Dorna Sport.

Kuta Lombok, Kompas.Com inilah Kawasan Ekonkmi Khusus (KEK) Mandalika Lombok, di kawasan ini akan dibangun Sirkuit MotoGP, dengan panjang lintasan 4,35 kilometer dan 18 tikungan, diperkirakan akan rampung 2020 mendatangKOMPAS. Com/Fitri.R Kuta Lombok, Kompas.Com inilah Kawasan Ekonkmi Khusus (KEK) Mandalika Lombok, di kawasan ini akan dibangun Sirkuit MotoGP, dengan panjang lintasan 4,35 kilometer dan 18 tikungan, diperkirakan akan rampung 2020 mendatang

"Kami targetkan pembangunan Sirkuit tersebut selesai pada 2021," ucap Miranti lagi.

Sirkuit Mandalika sendiri mempunyai panjang lintasan 4,32 kilometer. Bahkan akan disediakan juga sarana penunjang seperti area paddock dengan 40 garasi. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Jumlah Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com