Jokowi Kasih "Lampu Hijau" Indonesia Gelar MotoGP di 2021

Kompas.com - 12/03/2019, 15:45 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) memastikan bila Indonesia resmi akan menggelar ajang balap internasional MotoGP pada 2021. Komentar ini diutarakan Jokowi dalam akun Instagram resminya usai menerima kunjungan dari bos besar Dorna, Camelo Ezpeleta, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

"Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang (2021). Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balap MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi maupun infrastrukturnya," tulis Jokowi dalam Intagramnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Dorna sudah melakukan penandatanganan kerja sama penyelenggaraan MotoGP dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Dalam kontrak tersebut tertulis bila penyelenggaraan MotoGP Indonesia akan berlangsung selama tiga tahun, yakni dari 2021-2023, bahkan besar kemungkinan bisa lebih.

Baca juga: Tengok Spesifikasi Motor Sangar yang Dinaiki Jokowi

MotoGP Indonesia sendiri akan dihelat di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan panjang lintasan 4,32 km yang terdiri dari 18 tikungan. Dari segi desain layout sirkuit sudah mendapat lampu hijau dari FIM Grand Prix Safety Officer, dan saat ini dalam proses pembangunan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021 ... hehehe. Tentu saya hanya bercanda akan ikut balapan. Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang. Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi mau pun infrastrukturnya. Sebelumnya, Dorna telah melakukan penandatanganan kerja sama penyelenggaraan MotoGP dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada awal tahun ini. Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah. Sirkuit ini segera kita siapkan berupa jalan raya yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada 11 Mar 2019 jam 6:12 PDT

Menariknya, sirkuit Mandalika akan menerapkan konsep street circuit. Lintasan ini pun menjadi sirkuit jalanan pertama yang dibandung dari awal, berbeda dengan sirkuit jalanan yang ada di Singapura dan Monako.

Baca juga: Proyek MotoGP Indonesia Diperkenalkan di Qatar

"Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah. Sirkuit ini segara kita siapkan berupa jalan raya yang dibanggun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika," ucap Jokowi.

 



Close Ads X