Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Wujud Sirkuit Mandalika untuk MotoGP

Kompas.com - 11/03/2019, 07:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna secara resmi telah mengumumkan proyek besar untuk membuat MotoGP di Indonesia pada konferensi pers, Sabtu (9/3/2019). Pada saat konferensi pers ini diperlihatkan secara resmi seperti apa bentuk sirkuit di Mandalika, Lombok yang dikatakan sebagai sirkuit jalanan tersebut.

Mrk 1 Consulting Managing Director, Mark Hughes, yang menjadi konsultan pembangunan sirkuit tersebut, menjelaskan, awal mulanya memang sempat ada kekhawatiran mengenai ide menjadikan jalan raya sebagai sirkuit ini.

Namun ia meyakini desain sirkuit yang akan dikerjakan akan memenuhi standar keamanan dari FIM dan juga dapat digunakan sebagai jalan biasa di area pariwisata tersebut.

“Jadi bisa jadi jalanan umum dan akses ke resor sekitar. Treknya 4,3 kilometer dengan 19 tikungan. Ada 50.000 tempat untuk pengunjung menonton balapan ini. Cocok untuk Indonesia yang memiliki basis penggemar MotoGP terbesar,” ucap Mark.

Baca juga: Proyek MotoGP Indonesia Diperkenalkan di Qatar

 

Mark menjelaskan desain dari pit untuk balapan juga dibuat unik. Pada saat tidak digunakan dapat menjadi gedung pertemuan serba guna atau pusat perbelanjaan. Total, arena sirkuit tersebut dapat menarik lebih dari 100.000 penonton yang tertarik dengan balapan roda dua tersebut.

“Selain untuk MotoGP juga sedang dipikirkan beberapa kemungkinan sirkuit ini dapat dipakai kejuaraan lain. Namun MotoGP jadi yang paling utama,” ucap Mark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com