Leasing Korsel Caplok Pembiayaan Lokal Indonesia

Kompas.com - 23/02/2019, 08:22 WIB
Varian baru Mitsubishi Xpander muncul di BandungMMKSI Varian baru Mitsubishi Xpander muncul di Bandung

Bogor, KOMPAS.com – Perusahaan pembiayaan asal Korea Selatan, KB Capital, mengakuisisi 85 persen saham PT Sunindo Parama Finance, leasing lokal, di bawah naungan Grup Sun Motor. Besanya potensi pasar mobil di Indonesia, membuat KB Capital tertarik untuk masuk.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan di  Showroom Mitsubishi Sun Star Prima Motor, Bogor, Jawa Barat (21/2/2019).

Chief Executive Officer KB Capital,  Hwang Soo Nam, mengatakan, setelah sukses masuk ke pasar Laos sejak 2017, tahun ini KB Capital mau memperluas bisnis di Asia Tenggara. Indonesia dipilih karena merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat dan mempunyai GDP terbesar nomor 16 di seluruh dunia.

“Melalui joint venture ini, kami akan mempersatukan captive market dari Sun Motor Group dan pengalaman KB Financial Group di bidang keuangan. Guna mempercepat kestabilan joint venture, KB Capital berencana melakukan kerja sama dengan Bank Bukopin di mana Kookmin Bank mempunyai 22% saham dan KB Insurance Indonesia yang telah terlebih dahulu masuk ke pasar asuransi di Indonesia,” jelas Hwang Soo Nam, dalam keterangan resminya.

Baca juga: DP Nol Persen, Mitsubishi Tunggu Gerakan Leasing

Imelda Sundoro, pendiri dan Presiden Komisaris, PT Sun Motor Group, mengapresiasi akuisisi ini demi menopang bisnis Grup Sun Motor di jaringan pemasaran dan layanan purna jual otomotif di Indonesia.

“Kami berharap dengan hadirnya produk baru pembiayaan dari Sunindo Parama Finance yang didukung oleh KB Capital ini semakin memberikan kemudahan dan pengalaman yang menggembirakan bagi para konsumen Sun Motor Group dalam memiliki kendaraan impian,” ungkap Imelda.

Grup Sun Motor, memiliki beberapa jaringan dealer di Indonesia, memasarkan beberapa merek asing, seperti Mitsubishi, Suzuki, Chevrolet, MAN, Nissan, Datsun, Hino, dan Toyota. Hingga kini, total dealer yang bernaung di bawah grup ini sudah lebih dari 60 cabang yang tersebar di berbagai kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

Selain otomotif, kerja sama ini bakal berlanjut ke bisnis lain, seperti retail, sewa kendaraan, dan properti.



Close Ads X