Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Tarikan "Leasing" Dijual Apa Adanya

Kompas.com - 06/02/2018, 13:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Depok, KOMPAS.com — Sepeda motor kredit yang ditarik oleh perusahaan pembiayaan atau leasing tidak sepenuhnya dalam kondisi baik. Bahkan, ada beberapa yang kondisinya sudah rusak. Hal itu seperti beberapa unit motor tarikan leasing yang disimpan di gudang penyimpanan Adira Finance di Tapos, Depok, Jawa Barat.

Pantauan Kompas.com, Senin (5/2/2018), ada satu unit Kawasaki Ninja 150 yang sudah tidak lagi memiliki lampu. Ada pula beberapa motor skutik yang body-nya sudah tidak utuh. Section Head Warehouse Officer Adira Finance Mahfuddin Abdurrahman mengatakan, motor yang sudah rusak akan diperbaiki diler motor bekas yang masih berminat membelinya.

"Kalau dari kami apa adanya. Biar nanti diler yang melengkapi," kata Mahfuddin.

Seorang petugas mengecek motor-motor yang ditarik dan disimpan di gudang penyimpanan milik Adira Finance di Tapos, Depok, Senin (5/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Seorang petugas mengecek motor-motor yang ditarik dan disimpan di gudang penyimpanan milik Adira Finance di Tapos, Depok, Senin (5/2/2018).

Menurut Mahfuddin, biasanya diler akan membebankan biaya perbaikan kepada konsumen. Caranya yakni dengan menjual lebih mahal motor tersebut. Karena itu motor rusak yang dibeli biasanya hanya motor yang masih laku dijual. Bila konsumen tertarik membeli, kata Mahfuddin, biasanya diler akan langsung mengurus pajak dan biaya balik nama.

"Kalau pajaknya mati, dari diler yang bayar. Itu termasuk biaya rekondisi. Kalau konsumen oke membeli, diler juga langsung mengurus balik nama," ucap Mahfuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com