Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Toyota, Fortuner Punya Rival Baru dari China

Kompas.com - 29/01/2019, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Fortuner masuk dalam segmen sport utility vehicle (SUV) medium di pasar otomotif nasional. Selain dari merek Jepang, kini punya rival baru yang berasal dari China, yaitu Wuling Almaz.

Pabrikan kongsi antara SAIC Motor – General Motors – Wuling Motors (SGMW) atau yang di Indonesia dikenal dengan Wuling Motors, itu memposisikan Almaz sebagai SUV medium, namun dengan kapasitas 5-penumpang.

Ketika dimintai tanggapan terkait kompetitor baru itu, Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) melihat bahwa kehadiran pemain baru di segmen SUV medium, justru positif untuk pasar.

Baca juga: Merek Otomotif China "Perang" di Segmen SUV

"Suatu hal positif dalam memperbanyak pilihan konsumen, dan di satu sisi juga secara positif bisa meningkatkan jumlah pasar di segmennya," ujar Anton kepada Kompas.com, Senin (28/1/2019).

Wuling AlmazKOMPAS.com / Aditya Maulana Wuling Almaz

Anton melanjutkan, pasar SUV medium di Tanah Air juga secara tren tumbuh, khususnya untuk merek Toyota. Terjadi peningkatan penjualan antara 2017 dan 2018.

Data wholesales yang dirilis TAM menyebutkan bahwa total penjualan SUV medium Toyota pada 2016 mencapai 115.707 unit, tahun selanjutnya turun menjadi 89.377 unit, namun terjadi peningkatan sepanjang 2018 dengan jumlah 126.291 unit.

"Tren 2019, prediksi kami akan meningkat, namun tidak setinggi peningkatan tahun lalu," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com