Cara Ajak Anak "Zaman Now" Tertib Berlalu Lintas

Kompas.com - 17/01/2019, 10:02 WIB
Kecelakaan lalu lintas. ShutterstockKecelakaan lalu lintas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data yang dirilis oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, sepanjang 2018 tercatat 56,87 persen kecelakaan lalu lintas disumbangkan oleh anak muda dengan usia produktif.

Lebih spesifik, 24,43 persen korban kecelakaan berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa atau yang sekarang ini dikenal dengan sebutan anak "zaman now".

Kondisi itu seperti dijelaskan Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, yang mendorong polisi untuk terus meningkatkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Oleh sebab itu, terlahir program road safety yang mengajak anak milenial untuk sadar terhadap keamanan berkendara. Perilaku melanggar ini tatkala menjadi kebiasaan, maka terkadang dianggap hal biasa.

Baca juga: Kampanye Keselamatan Dimulai Awal Februari 2019

Sikap permisive terhadap pelanggaran inilah yang membuat orang semakin masa bodoh terhadap masalah lalu lintas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Generasi milenial bisa dikatakan generasi hidup di balik layar gadget. Itu semua berdampak pada perilaku berlalu lintas. Masalah lalu lintas sebagian besar disebabkan adanya pelanggaran," ujar Chryshnanda dalam siaran resmi, Kamis (17/1/2019).

Menurut jenderal bintang satu itu, perlu membangun kesadaran bagi generasi milenial untuk peduli terhadap keamanan dan keselamatan berkendara, dengan tahapan sebagai berikut:

1. Tahap Mengetahui

Diperlukan adanya sosialisasi edukasi contoh atau berbagai produk tentang road safety yang digelorakan secara masif di semua lini. Baik secara langsung maupun melalui media.

Peran media ini penting dan mendasar untuk dapat menjadi opini publik atau viral yang dapat:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.