Mengenal Fitur Keselamatan Aktif dan Pasif pada Mobil

Kompas.com - 11/01/2019, 09:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keselamatan menjadi syarat utama yang harus tersedia pada kendaraan bermotor. Sebab, fungsi utama untuk menjaga atau meminimalisir fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan aktif dan pasif, seperti mobil penumpang yang dijual Mitsubishi di Indonesia. Demikian diinformasikan Mitsubishi melalui siaran resmi, Jumat (11/1/2019).

Fitur yang tersedia untuk kategori yang aktif seperti anti lock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), active stability control (ASC) dan hill start assist (HSA).

Sementara untuk fitur pasif mencakup SRS Airbag, sabuk pengaman dengan  pretension dan force limiter, active stability control serta Isofix.

Baca juga: Ojek Online Harus Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan Raya

Untuk beberapa model Mitsubishi contohnya, Xpander dan Pajero Sport sudah menggunakan struktur rangka bodi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE). Fitur tersebut merupakan teknologi rangka bodi yang dibuat dari high tensile metal sehingga bagian kabin terlindungi dari benturan.

All New Mitsubishi Pajero Sport dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 29 April 2018 mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO All New Mitsubishi Pajero Sport dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 29 April 2018 mendatang.

Bukan hanya itu, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.