Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Keselamatan Aktif dan Pasif pada Mobil

Kompas.com - 11/01/2019, 09:23 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keselamatan menjadi syarat utama yang harus tersedia pada kendaraan bermotor. Sebab, fungsi utama untuk menjaga atau meminimalisir fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan aktif dan pasif, seperti mobil penumpang yang dijual Mitsubishi di Indonesia. Demikian diinformasikan Mitsubishi melalui siaran resmi, Jumat (11/1/2019).

Fitur yang tersedia untuk kategori yang aktif seperti anti lock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), active stability control (ASC) dan hill start assist (HSA).

Sementara untuk fitur pasif mencakup SRS Airbag, sabuk pengaman dengan  pretension dan force limiter, active stability control serta Isofix.

Baca juga: Ojek Online Harus Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan Raya

Untuk beberapa model Mitsubishi contohnya, Xpander dan Pajero Sport sudah menggunakan struktur rangka bodi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE). Fitur tersebut merupakan teknologi rangka bodi yang dibuat dari high tensile metal sehingga bagian kabin terlindungi dari benturan.

All New Mitsubishi Pajero Sport dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 29 April 2018 mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO All New Mitsubishi Pajero Sport dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 29 April 2018 mendatang.

Bukan hanya itu, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com