Harga Motor Pasti Naik jika Standar Euro IV Diterapkan

Kompas.com - 09/11/2018, 10:02 WIB
Ilustrasi produksi AHM. Donny AprilianandaIlustrasi produksi AHM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor yang sekarang diproduksi dan dijual di pasar Indonesia, masih berstandar emisi Euro III. Dalam waktu beberapa tahun ke depan, akan meningkat menjadi Euro IV, atau sama seperti mobil bermesin bensin.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Johannes Loman, apabila motor sudah ikut aturan Euro IV, maka secara harga juga otomatis menjadi naik. Sebab ada penyesuaian atau tambahan perangkat lain, yang juga membutuhkan biaya dalam hal produksi.

“Oleh sebab itu, kami menjaga momen dulu agar motor ini harganya tidak naik. Sebab selama ini motor digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari,” ujar Loman belum lama ini di JCC, Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Euro IV buat Motor Tunggu Kesiapan BBM

Loman optimistis, seluruh anggota AISI sudah mampu membuat motor dengan spesifikasi Euro IV, sebab untuk pasar ekspor juga ada beberapa negara yang sudah menerapkan aturan tersebut. Sehingga, secara kesiapan sudah sanggup, tetapi hanya menunggu waktu saja sambil menyiapkan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).

Suasana IMOS 2018istimewa Suasana IMOS 2018

“Jika ditanya naiknya sampai berapa saya belum bisa bicara sekarang ini. Tergantung dari nanti ketika akan diterapkannya tahun berapa,” kata dia.

Loman bercerita, sejauh ini untuk ekspor juga sebagian besar di negara Eropa sekalipun masih menganut aturan emisi Euro III, lain dengan mobil yang telah lebih dari itu.

“Jadi kita ikutin dulu saja bagaimana. Perlu dibicarakan juga dengan banyak pihak terkait soal ini. Kami juga tidak mau konsumen terlalu dibebankan dengan adanya Euro IV pada motor,” kata Loman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X