Euro IV buat Motor Tunggu Kesiapan BBM

Kompas.com - 08/11/2018, 11:24 WIB
Honda Supra X 125 Helm in warna biru di pabrik AHM. AHMHonda Supra X 125 Helm in warna biru di pabrik AHM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Johannes Loman, memastikan bahwa penerapan Euro IV untuk sepeda motor belum bisa dimulai dalam waktu dekat. Produsen menunggu kesiapan bahan bakar minyak (BBM), agar secara tujuan sama-sama tercapai, yaitu menurunkan emisi gas buang.

Loman menjelaskan, secara kesiapan produksi diyakini seluruh anggota AISI sudah sangat siap untuk membuat motor dengan spesifikasi Euro IV, akan tetapi bukan hanya perkara itu karena banyak faktor lain, dan yang paling penting kesiapan BBM.

“Kalau BBM-nya sudah siap, saya rasa produsen motor juga akan mulai, sebab nantinya akan mengarah ke sana (Euro IV) semua,” ucap Loman belum lama ini di arena JCC, Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pertamina Cuma Punya Pertamax Turbo buat Mobil Euro IV

Lantas, AISI inginnya kapan aturan tersebut akan dimulai? Kata Nangoi, tidak bisa ditargetkan seperti itu, harus melihat dari berbagai sisi, dan itu juga perlu dibicarakan lebih lanjut dengan para pemangku kepentingan lain yang bersangkutan.

“Tahun depan juga saya rasa belum. Kita sambil berjalan saja, karena sekarang ini motor itu sudah Euro III, lebih dulu melompat dibanding mobil yang masih Euro II sebelum sekarang masuk Euro IV,” ujar dia.

Penerapan Euro IV sendiri sekarang ini memang baru berlaku untuk mobil bermesin bensin. Jadi mobil baru yang diproduksi mulai 1 Oktober 2018 sudah menerapkan standar emisi Euro IV.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X