Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2018, 11:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Johannes Loman, memastikan bahwa penerapan Euro IV untuk sepeda motor belum bisa dimulai dalam waktu dekat. Produsen menunggu kesiapan bahan bakar minyak (BBM), agar secara tujuan sama-sama tercapai, yaitu menurunkan emisi gas buang.

Loman menjelaskan, secara kesiapan produksi diyakini seluruh anggota AISI sudah sangat siap untuk membuat motor dengan spesifikasi Euro IV, akan tetapi bukan hanya perkara itu karena banyak faktor lain, dan yang paling penting kesiapan BBM.

“Kalau BBM-nya sudah siap, saya rasa produsen motor juga akan mulai, sebab nantinya akan mengarah ke sana (Euro IV) semua,” ucap Loman belum lama ini di arena JCC, Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pertamina Cuma Punya Pertamax Turbo buat Mobil Euro IV

Lantas, AISI inginnya kapan aturan tersebut akan dimulai? Kata Nangoi, tidak bisa ditargetkan seperti itu, harus melihat dari berbagai sisi, dan itu juga perlu dibicarakan lebih lanjut dengan para pemangku kepentingan lain yang bersangkutan.

“Tahun depan juga saya rasa belum. Kita sambil berjalan saja, karena sekarang ini motor itu sudah Euro III, lebih dulu melompat dibanding mobil yang masih Euro II sebelum sekarang masuk Euro IV,” ujar dia.

Penerapan Euro IV sendiri sekarang ini memang baru berlaku untuk mobil bermesin bensin. Jadi mobil baru yang diproduksi mulai 1 Oktober 2018 sudah menerapkan standar emisi Euro IV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com