Kompas.com - 25/10/2018, 14:24 WIB
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Perbincangan mobil nasional (mobnas) Esemka terus bergulir sejak Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mengumumkan peluncuran dan produksinya yang dikabarkan pada Oktober ini.

Namun sampai saat ini, kabar informasi tersebut masih tanda tanya karena belum ada pihak yang memastikan lagi soal peluncurannya.

Kisruh kabar peluncuran mobil Esemka yang dulu pernah dirintis Presiden Joko Widodo (Jokowi), ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo pun akhirnya berbuntut panjang.

Kondisi ini akhirnya membuat Jokowi angkat suara. Melalui akun Instagram resminya, orang nomor satu di Indonesia itu menjelaskan bahwa Esemka saat ini sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya.

Baca juga: Menunggu Kepastian Mobil Esemka?

Berikut pernyataan Jokowi dari akun resmi instagramnya @jokowi :

Baca juga: Jawaban Menperin Ketika Ditanya Soal Esemka

"Sejak jadi Wali Kota Solo sampai jadi Presiden, para jurnalis tetap menanyai saya mengenai perkembangan mobil Esemka. Kemarin pun saya ditanyai soal ini.

Begini. Mobil Esemka dulu itu produk uji coba dari anak-anak SMK di Surakarta dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai wali kota tentu saya mendorong upaya anak-anak kita ini, termasuk mendukung agar Esemka bisa berlanjut ke tahap berikut seperti uji emisi dan mendapatkan status layak jalan.

Selanjutnya, setelah memenuhi sejumlah aspek, Esemka akan beralih menjadi properti industri yang tak terkait dengan pemerintah.

Tugas pemerintah hanya mendorong, tidak ada kaitannya dengan kepentingan apa pun. Setelah jadi ya diserahkan kepada industri. Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan Presiden yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sejak jadi Wali Kota Solo sampai jadi Presiden, para jurnalis tetap menanyai saya mengenai perkembangan mobil Esemka. Kemarin pun saya ditanyai soal ini. Begini. Mobil Esemka dulu itu produk uji coba dari anak-anak SMK di Surakarta dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai wali kota tentu saya mendorong upaya anak-anak kita ini, termasuk mendukung agar Esemka bisa berlanjut ke tahap berikut seperti uji emisi dan mendapatkan status layak jalan. Selanjutnya, setelah memenuhi sejumlah aspek, Esemka akan beralih menjadi properti industri yang tak terkait dengan pemerintah. Tugas pemerintah hanya mendorong, tidak ada kaitannya dengan kepentingan apa pun. Setelah jadi ya diserahkan kepada industri. Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan Presiden yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Oct 24, 2018 at 11:09pm PDT

Dalam pernyataan tersebut, dengan tegas Jokowi juga mengatakan bahwa Esemka akan beralih menjadi properti industri yang tak terkait dengan pemerintah. Tugas pemerintah hanya mendorong, tidak ada kaitannya dengan kepentingan apa pun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.