Kompas.com - 08/10/2018, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat mengatakan bahwa, proyek mobil Kiat Esemka sudah mendekati tahap diskusi final. Bahkan dijadwalkan meluncur setelah proses produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) resmi berjalan, mulai Januari 2019.

Sukiat memberikan bocoran bahwa produksi awal Esemka nantinya datang dengan model sport utility vehicle (SUV). Tetapi, SUV yang dimaksud bukan Garuda 1 yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

Ketika dimintai tanggapan soal itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya bilang bahwa yang akan didahulukan dalam waktu dekat ini, yaitu AMMDes.

Baca juga: Jokowi Bicara Soal Esemka di GIIAS

“Kita kan sudah meluncurkan yang namanya AMMDes. Mobil itu perkriteria bukan mobil dengan nama, seperti Esemka,” kata Airlangga pekan lalu kepada Kompas.com di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Rencana Baru Esemka Meluncurkan SUV Masih Ada

Airlangga melanjutkan, perkembangan terkini untuk Esemka masih belum bisa diinformasikan. Tetapi, apabila bicara mengenai AMMDes, sudah sangat jelas dan sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai angkutan perdesaan.

“Jadi kriteria untuk angkut perdesaan sudah kita siapkan. Ini tentunya bagus dan untuk Esemka ditunggu saja,” kata Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.