Pelanggar Lalu Lintas Semakin Liar, Ini Kata Pengamat Keselamatan

Kompas.com - 23/10/2018, 08:22 WIB
Pengemudi sepeda motor yang melawan arus dan terekam kamera. @FAKTA.INDOPengemudi sepeda motor yang melawan arus dan terekam kamera.

JAKARTA, KOMPAS.com –  Dunia maya baru saja diramaikan lagi dengan perbincangan soal pelanggar lalu lintas yang makin liar. Bukanya meminta maaf atau sadar melakukan kesalahan, tapi malah marah-marah ketika ditegur.

Kejadian tersebut terekam kamera dan videonya kemudian viral, diunggah oleh akun instagram @fakta.indo, Senin (22/10/2018). Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), ada tiga hal yang digaris bawahi.

“Pertama hal itu masih terus  jadi karena kesadaran untuk memprioritaskan keselamatan saat berlalu lintas jalan masih kurang. Hal ini menjadi akar permasalahan mulai dari gesekan sosial hingga kecelakaan lalu lintas,” ujar Edo kepada KOMPAS.com, Senin (22/10/2018).

Baca juga: Pengemudi Motor Lawan Arah, Ditegur Malah Marah

 

Kemudian yang kedua, kata Edo, mentalitas jalan pintas masih menggelayuti pengguna jalan, tanpa memperhatikan risiko, termasuk hak pengguna jalan lainnya.

“Terakhir adalah tingginya populasi kendaraan bermotor, menimbulkan kemacetan lalu lintas jalan yang memicu stres sehingga mudah meledak,” tutur Edo.

Edo kemudian mengingatkan, apabila bertemu pengendara yang melanggar, sebaiknya mengantisipasi agar tidak berujung gesekan sosial apalagi kecelakaan. Salah satunya dengan berpikir positif dan tidak terprovokasi.

“Menegur juga mesti super hati-hati. Pemilihan diksi mutlak selektif ketimbang membuka celah gesekan,” kata Edo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X