Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Kompas.com - 17/10/2018, 13:42 WIB
Mencuci mesin mobil tidak bisa sembarangan. WikipediaMencuci mesin mobil tidak bisa sembarangan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada data spesifikasi produk mobil di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, kerap menemukan istilah tenaga (power) dan torsi. Namun, sebenarnya, apa sih maksud kedua kata tersebut?

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan  power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan.

Apabila definisi tersebut telalu teknis, Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) mencoba membuatnya lebih ringan.

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

“Agar mudah memahaminya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak,” ucap Didi kepada KOMPAS.com, Selasa (16/10/2018).

Terkait dengan satuannya sendiri, Anjar dan Didi menyebutkan, untuk torsi Newton (Nm) atau Kgm. Sementara untuk tenaga ada horsepower (HP) bisa juga PS (dari bahasa jerman Pferdestärke).

Terkait pemilihan mana yang lebih baik, torsi besar atau tenaga besar, Didi menyebutkan, itu tergantung dari kebutuhan berkendara. Namun rata-rata untuk kendaraan komersial yang cenderung bawa muatan banyak, dibutuhkan torsi besar.

Sedangkan, untuk mobil-mobil balap, biasanya punya tenaga besar sampai ratusan Hp, karena memang mengejar kecepatan tertinggi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X