Skuter Listrik Gesits Siap Meluncur di Istana Negara - Kompas.com

Skuter Listrik Gesits Siap Meluncur di Istana Negara

Kompas.com - 13/10/2018, 09:22 WIB
Gambar teaser Gesits versi produksi tampak samping.ISTIMEWA Gambar teaser Gesits versi produksi tampak samping.

JAKARTA, KOMPAS.com Skuter listrik anak bangsa Gesits, yang dimulai penelitiannya 2015 hingga 2018 ini sudah melalui semua tahapan, dari penelitian hingga uji coba lapangan, bahkan siap untuk diproduksi massal.

Berdasarkan Info Iptek Dikti, yang dirilis Senin (8/10/2018), Gesits diharapkan bisa diperkenalkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara dalam waktu dekat. Pasalnya produk ini sudah melalui seluruh tahapan, sebelum dilepas ke pasaran atau dikomersialkan.

Malah sebelumnya, seperti yang dikatakan CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech, peluncuran model produksi rencananya dilakukan pada September 2018. Namun sejauh ini masih belum terlaksana.

Menanggapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio yang juga salah satu yang ikut merumuskan Perpres kendaraan listrik menyebutkan, peluncuran bisa dilakukan sebatas Menteri saja, tak harus Presiden.

Baca juga: Lima Faktor Sukses buat Persiapan Produksi Gesits

Skuter listrik Gesits.ISTIMEWA Skuter listrik Gesits.

Pasalnya, dirinya menyebut kalau orang nomor satu di Indonesia itu kemungkinan memiliki jadwal yang padat, sehingga belum sempat melakukannya.

“Iya sebenarnya bisa kapan saja, jika ingin Presiden mungkin jadwalnya padat. Jadi bisa diwakilkan dan diresmikan sama Menteri ESDM atau Menteri Perindustrian dan yang bersangkutan,” ujar Pambagio kepada KOMPAS.com, Jumat (12/10/2018).

Baca juga: Kemenperin Upayakan Insentif buat Gesits

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat mengunjungi pabrik perakitan GESITS di kawasan industri PT Wijaya Karya (WIKA) Industri & Konstruksi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/8/2018), menyebutkan, kalau Presiden sebenarnya menunggu peluncuran Gesits.

Presiden ingin mencoba langsung Gesits sebelum motor ini dipakai masyarakat, dan minta disiapkan 50 unit pertama buat digunakan di lingkungan Istana Negara.

Menteri ESDM menjajal kebolehan Gesits di kantor ESDM, Jakarta, Kamis (19/10/2017).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Menteri ESDM menjajal kebolehan Gesits di kantor ESDM, Jakarta, Kamis (19/10/2017).



Close Ads X