Hujan Menjelang, Jangan Sampai Karet Kaca Meradang

Kompas.com - 21/09/2018, 15:42 WIB

Jakarta, Kompas.com - Hujan sudah mulai mengguyur di beberapa kota di Tanah Air. Ada baiknya pengguna mobil coba memeriksa beberapa komponen yang rentan rusak saat terkena hujan.

Salah satunya adalah melakukan pengecekan pada bagian-bagian mobil yang menggunakan bahan karet, seperti pada lis pintu atau bagian lain.

Baca juga: Begini Cara Benar Rawat Kaca Helm

"Biasanya baru ketauan ada masalah saat musim hujan. Tiba-tiba air merembes deras ke kabin," ucap Husein dari bengkel karet NJ 35 Motor, Duren Sawit.

Kerusakan pada karet-karet di mobil, lanjut Husein, bisa rusak akibat sudah getas karena usia. Namun penyebab terbesar adalah karena cara penyimpanan mobil yang tidak tepat.

Perawatan karet mobil harus dilakukan berkala, agar awet usianya.Ghulam/Otomania Perawatan karet mobil harus dilakukan berkala, agar awet usianya.

"Mobil yang gemar berdiam di tempat yang terkena sinar matahari langsung lebih cepat usia karetnya karena karet lebih cepat getas," ucap Husein.

Baca juga: Pilihan Setir Mobil “Steering Switch” Copotan OEM

Untuk memperpanjang umur, bagian karet pada mobil dapat diberi cairan silikon. Langkah tersebut bisa membuat elastisitas karet dan kemampuan mencegah masuknya air lebih terjaga.

Harga penggantian karet pada mobil jenis Avanza dipatok sekitar Rp 75.000 untuk satu bagian pintu. Untuk model Innova yang lebih besar dibanderol Rp 125.000 untuk bagian yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.