Begini Cara Benar Rawat Kaca Helm

Kompas.com - 01/08/2018, 12:22 WIB
Pemilihan dan perawatan helm impor butuh perlakuan khusus Kompas.com/Setyo AdiPemilihan dan perawatan helm impor butuh perlakuan khusus

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm jadi aksesori wajib pengendara sepeda motor. Salah satu bagian penting dari helm ada visor atau kaca helm.

Visor helm diharapkan selalu dalam keadaan bersih agar tidak menghalangi pandangan pengendara saat berkendara. Untuk itu perawatan visor wajib dilakukan secara berkala.

"Paling gampang itu kaca helm dicopot dari pengaitnya, taruh di ember yang ada airnya lalu celupkan dan goyangkan. Ini untuk melepaskan partikel debu dari permukaan kaca," ucap salah satu pendiri komunitas Belajar Helm, Salcomo Eato saat ditemui beberapa waktu lalu.

Bila tidak menemukan ember, cukup gunakan air mineral lalu disemprotkan ke kaca helm layaknya keran dibuka. Ini biasa dilakukan saat di tengah perjalanan jauh atau touring.

Baca juga: Ini yang Wajib Dilakukan saat Pertama Beli Helm

Setelah membasahi kaca helm, langkah berikutnya adalah membiarkan kering. Perhatikan untuk tidak langsung menjemur di bawah sinar matahari.

"Setelah kering baru dilap pakai kain mikrofiber. Mikrofibernya harus diperhatikan, jangan gunakan yang sudah dipakai lap untuk bahan lain," ucap Eato.

Khusus untuk visor iridium atau kaca helm yang berwarna-warni juga ada perlakuan khusus.

"Masih pakai air biasa tapi hindari penggunaan sabun. Sabun buat lapisan warnanya itu cepat mengelupas. Kalau benar merawatnya lapisan itu awet dan tahan lama," ucap Eato.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X