Truk Avengers Jadi Raja Modifikasi JTF - Kompas.com

Truk Avengers Jadi Raja Modifikasi JTF

Kompas.com - 11/09/2018, 11:32 WIB
Modifikasi truk bertema Avengers di JTF 2018STANLY RAVEL Modifikasi truk bertema Avengers di JTF 2018


JAKARTA, KOMPAS.com - Truk ringan milik Danu Siswoyo didapuk sebagai "The King of Truck Modification" dalam ajang Jogjakarta Truck Festival ( JTF) 2018. Truk ini sukses menyisihkan 139 kontestan adu keren truk ringan lainnya.

Sejak awal, truk garapan karosesi Setiabudi yang diolah bersama rumah airbrush Customized Art Semarang ini memang banyak mengundang perhatian. Bukan karena merek produknya, melainkan dari konsep modifikasi futuristik yang disajikan dengan lukisan film super hero, The Avengers.

Bukan hanya satu gelar, truk yang modifikasi diklaim sudah menghabiskan dana hampir Rp 300 juta tersebut juga sukses memborong enam pila lain dari berbagai kategori, yakni The Best Truck Exterior, The Best Truck Lighting, The Best Truck Interior, juara III Extrem Modification, dan Juata II Best Truck Social Media Favorite.

Baca juga: Truk Ringan Isuzu Mulai Kejar Fuso

Menurut Danu, truknya memang sengaja mengambil tema super hero besutan Marvel karena menuruti permintaan dan anaknya. Namun kemudian, ia tambahkan dengan beberapa konsep lainnya, termasuk juga mengaplikasi perangkat air suspension layaknya bus mewah.

Modifikasi truk bertema Avengers di JTF 2018STANLY RAVEL Modifikasi truk bertema Avengers di JTF 2018

"Lebih ke permintaan anak sebenarnya, saya menuruti dan mengembangkan konsepnya saja. Eksterior semua ini full airbrush, temanya bisa futuristik bisa elegan, karena semua kita kolaborasikan. Kalau dihitung dari pertama mulai sampai sekarang sudah mendekati Rp 300 jutaan," ucap Danu saat berbincang dengan Kompas.com, Sabtu (8/9/20018) lalu di Yogyakarta.

Danu menerangkan bila proses pengerjaan modifikasi truknya memang tergolong lama, mulai dari Januari 2017 sampai pertengahan Agustus 2018 kemarin. Kondisi ini karena ada beberapa sektor yang butuh garapan ekstra, mulai dari kabin, pembuatan bodi kit, sampai yang terlama adalah pemasangan air suspension.

Baca juga: Isuzu Elf Tampil Nyentrik di JTF 2018


Perubahan interior menekankan kenyamaan dengan nuansa elegan. Jok standar pabrikan diganti dan dibungkus ulang dengan balutan kulit sintesis, audio pun diperkuat dengan instalasi bertaraf Sound Pressure Level (SPL) lengkap dengan pemasangan kerlap-kerlip lampu hias.

Tidak hanya itu, agar makin futuristik dan modern, sektor atap juga sengaja dibobol dijadikan sunroof. Setelah itu lapisan dindingnya ikut dibungkus dengan kulit yang kelirnya senada dengan jok.

Selain proses pengecatan dan airbrush, pengerjaan paling berat yang juga lama dilakukan adalah ketika memasang air suspensi milik Scania. Agar bekerja maksimal dan biasa terpasang proporsional, Danu harus memutar otak bahkan sampai sengaja merancang ulang beberapa bagian pada kaki-kakinya.

Modifikasi truk bertema Avengers di JTF 2018STANLY RAVEL Modifikasi truk bertema Avengers di JTF 2018
"Paling sulit itu air suspensi ini, karena kita ambil dari Scania yang merupakan kendaran besar jadi butuh beberapa penyesuaian saat dipasang di truk medium ini. Rombakan dan uji coba sudah sampai beberapa kali, karena itu jug waktunya paling panjang dari semua sektor lainnya yang kami kerjakan," papar Danu.

Untuk sehari-hari, karena sudah mengabiskan banyak uang dan dirombak cukup ekstrem, Danu sengaja tidak menjadikan truk yang menyabet piala bergilir dari Wakil Gubernur DIY Kanjeng Pangeran Adipati Ario Pakualam X, ini sebagai kendaraan angkutan. Dia lebih mendedikasikannya hanya untuk bertarung di ajang modifikasi.


Komentar
Close Ads X