Kompas.com - 10/09/2018, 17:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

MISANO, KOMPAS.com - Pebalap Ducati Jorge Lorenzo gagal naik podium dalam balap seri GP San Marino, di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018). Kegagalan ini bisa dibilang menyesakkan, karena terjadi di penghujung balapan.

Dua lap jelang finish, Lorenzo masih menempati peringkat dua di belakang rekan setimnya, Andrea Dovizioso. Namun di tikungan delapan, ia terjatuh dan harus "nyungsep" ke gravel.

Usai balapan, Lorenzo mengatakan, penyebab dirinya terjatuh disebabkan penggunaan ban medium-medium. Ia menganggap ban jenis ini terlalu keras. Sehingga tak punya daya cengkeram saat pengereman.

Baca juga: Dovizioso Mengaku Motor Ducati Lebih Baik dari Tahun Lalu

"Saya tidak punya daya cengkeram di bagian samping (ban). Tidak punya daya cengkerem di bagian tengah ban depan dan belakang untuk menghentikan laju motor. Kondisi ini membuat saya banyak mengerem sepanjang balapan. Memilih ban sekeras batu ini membuat saya punya banyak masalah selama balapan," kata Lorenzo dikutip dari Motorsport.

Lorenzo menilai tidak mungkin menggunakan ban soft-soft karena temperatur lintasan. Meski dapat melaju konstan, ia menganggap ban lunak tidak mampu bertahan dipakai sepanjang balapan. Ia mencontohkan situasi yang dialaminya di sesi latihan bebas hari Jumat (7/9/2018).

Baca juga: Alasan Rossi Sulit Juara di Rumah Sendiri

"Menggunakan ban belakang medium dengan depan yang soft bisa menjadi pilihan yang baik. Tetapi kita tidak akan pernah tahu," jelas pebalap asal Spanyol ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.