Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis Naik Transjakarta buat Nonton Asian Games 2018

Kompas.com - 20/08/2018, 09:33 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat DKI Jakarta yang ingin menyaksikan pertandingan Asian Games 2018, tak perlu direpotkan membawa kendaraan pribadi. Selama delapan hari, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan fasilitas cuma-cuma yang berlaku saat libur nasional dan akhir pekan.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono, mengatakan layanan transportasi gratis ini diberikan sebagai upaya memudahkan masyarakat menuju lokasi pertandingan. Dengan demikian, warga tak perlu khawatir adanya perluasan ganjil-genap di jalan arteri untuk mobil pribadi.

"Kami berikan layanan gratis pada hari libur nasional dan saat akhir pekan selama Asian Games. Hal ini mengingat adanya pembatasan kendaraan pribadi melalui perluasan ganjil-genap di sejumlah ruas, serta minimnya kantung-kantung parkir yang disediakan pada kawasan tersebut," ucap Budi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ada Mobil Otonomos Ramaikan Asian Games 2018 di GBK

Layanan cuma-cuma ini sudah dimulai sejak 17-19 Agustus 2018 lalu. Setelah itu kembali bisa dinikmati warga Jakarta pada 22, 25, 26 Agustus, serta 1 dan 2 September 2018 mendatang.

Bus Transjakarta berhias tema Asian Games 2018 melintas di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Kamis (7/6/2018). Ornamen, hiasan, dan mural bertema Asian Games mewarnai Jakarta dari pusat kota hingga pelosok perkampungan guna menyambut pesta olahraga terbesar Asia yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 tersebut.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Bus Transjakarta berhias tema Asian Games 2018 melintas di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Kamis (7/6/2018). Ornamen, hiasan, dan mural bertema Asian Games mewarnai Jakarta dari pusat kota hingga pelosok perkampungan guna menyambut pesta olahraga terbesar Asia yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 tersebut.

Pada tanggal-tanggal tersebut, masyarakat cukup menempel kartu elektronoik di gate masuk. Tidak perlu khawatir, nominal saldo pada kartu tidak akan berkurang, dan hal ini berlaku di semua koridor layanan Transjakarta.

Baca juga: Di Balik Freestyle Jokowi yang Gemparkan Asian Games 2018

"Pemanfaatan layanan gratis ini akan efektif untuk mengurangi kemacetan, selain itu juga bisa menambah jumlah pengguna Transjakarta. Selama Asian Games, kami menyediakan 1.750 bus bagi layanan reguler, serta layanan dengan rute khusus menuju venue pertandingan, seperti Stasiun Palmerah-Gelora Bung Karno (GBK)," papar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com