Di Balik "Freestyle" Jokowi yang Gemparkan Asian Games 2018

Kompas.com - 19/08/2018, 14:02 WIB
Aksi Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018 YoutubeAksi Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ajang pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) menjadi pembicaraan banyak orang. Tidak seperti acara formal kepresidenan, orang nomor satu ini datang menggunakan moge sport FZ1 berkubikasi 998 cc keluaran Yamaha.

Sekenario freestyler layaknya sebuah film action pun sukses mendatangkan banyak pujian. Adegan stoppie di sebuah gang ketika berhadapan dengan bajaj dan burn out sebelum melompat melewati truk mengundang kagum banyak orang.

Apa lagi dilakukan dengan mengunakan setelan jas kepresidenan, yang didukung dengan helm Nolan N104. Namun tentu saja, aksi tersebut bukan dilakukan oleh Jokowi sendiri, melainkan peran pengganti atau stunt rider asal Thailand bernama Saddum So.

Baca juga: Moge yang Dipakai Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Kabar ini dibenarkan oleh Reza SS, yang merupakan stunt rider dan freestyler motor asal Indonesa. Menurut Reza, Saddum sebelumnya sudah memberikan informasi mengenai pembuatan video untuk Asian Games di Indonesia.

"Stunt rider-nya benar si Saddum So. Waktu itu dia pernah bilang buat iklan Asian Games, tapi tidak muncul, tahunya buat video pembukaan pak Jokowi," ucap Reza saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/8/2018).

Aksi Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018Youtube Aksi Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018

Saddum So memang merupakan seorang freestyler profesional yang sudah biasa melakukan banyak aksi gila di atas sepeda motor. Dalam akun instagram prbadinya, Saddum sendiri menampilkan foto saat akan beraksi melompat dari sebuah truk yang terlihat di kawasan MGK Kemayoran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Dia Sosok Stuntman Jokowi Asal Thailand

Reza sendiri pada 2012 dan 2013 silam pernah berduel dengan Saddum. Menurut Reza, Saddum memang sudah bisa melakukan aksi-aksi akrobatik di atas roda dua yang sangat menantang.

Foto yang diunggah seorang stunt rider asal Thailand. Pada unggahan tertanggal 3 Agustus tersebut, pemilik akun tampak menuliskan keterangan behind the scene. Latar belakang foto yang diunggahnya sangat persis dengan adegan saat Presiden Joko Widodo diceritakan melompati truk di video pembukan Asian Games 2018.Instagram/Suddum So Foto yang diunggah seorang stunt rider asal Thailand. Pada unggahan tertanggal 3 Agustus tersebut, pemilik akun tampak menuliskan keterangan behind the scene. Latar belakang foto yang diunggahnya sangat persis dengan adegan saat Presiden Joko Widodo diceritakan melompati truk di video pembukan Asian Games 2018.

"Saya di beberapa kompetisi stunt battle Thailand sering ketemu Saddum, 2012 saya pakai big bike dia pakai KSR beda kelas. Pada 2013 di Pattaya, kalau tidak salah dia sempat jatuh, tapi lepas dari itu semua, ini ide keren banget out of the box," ucap Reza.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.