Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Komunitas "Freestyle" soal Video Aksi Jokowi

Kompas.com - 19/08/2018, 14:31 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dari masyarakat, aksi freestyle di video pembukaan Asian Games 2018 yang dibintangi Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga mendapat sambutan dari komunitas freestyle Indonesia. Salah satunya dari Straight Line Xtreme.

Reza SS yang merupakan salah satu member Straight Line Xtream dan juri di Indonesia Stunride Assosiaction, mengatakan video pembukaan Asian Games 2018 oleh Jokowi benar-benar mengagumkan.

"Dari kaca mata pribadi dan komunitas freestyle, video tersebut keren. Melihatkan sisi berbeda dari seorang Jokowi, kami benar-benar dibuat tidak menyangka. Bagusnya lagi video tersebut juga menggangkat sisi freestyle-nya," ucap Reza saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (19/8/2018).

Baca juga: Moge yang Dipakai Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Menurut Reza, freestyle sebenarnya merupakan olahraga ekstrem yang bisa menghasilkan banyak prestasi. Tapi sayangnya, di Indonesia citra freestyle masih buruk, masyarakat banyak yang belum paham dan banyak menganggap kegiatan tersebut tak ubahnya seperti balap liar.

Aksi Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018Youtube Aksi Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018

Reza berharap dengan adanya penampilan video tersebut, bisa memberikan sisi baru bagi masyarkat Indonesia terhadap freestyle di atas sepeda motor. Meski terlihat berbahaya, tapi apa yang mereka lakukan bukan lah bermodal nekad, namun ada teknik dan pelatihannya.

"Harapanya video tersebut bisa mengedukasi, sebenarnya banyak dari kami yang sudah berprestasi bahkan menghasilkan uang melalui stuntman. Kita banyak mendapat penghasilan dari iklan-iklan lokal di Indonesia, artinya apa yang kita lakukan bukan balap liar dan aksi sok-sokan, tapi ada manfaatnya," ucap Reza.

Meski menggaku terkesima dengan video freestyle menggunakan moge sport Yamaha YZ1 yang seolah-olah dilakukan oleh Jokowi, namun Reza menyayangkan kenapa pihak produksi tidak menggunakan stuntrider lokal. Padahal, stuntrider Indonesia memiliki kualitas yang juga membanggakan.

Baca juga: Moge yang Dipakai Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018


Dia menjelaskan banyak stunrider asal Tanah Air yang memiliki prestasi cukup membanggakan, bahkan tak kalah saing dengan Saddum So, stuntride asal Thailand, yang menjadi sosok Jokowi ketika melakukan freestyle.

"Tanggapan buat stuntman Jokowi keren lah, tapi kalau stuntman-nya dari Indonesia bakal lebih keren dan membanggakan. Mungkin yah, pihak PH (production house) tidak tahu kalau di sini (Indonesia) punya rider yang lebih jago dari Thailand," ujar Reza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com