Deretan Bus Mewah Karya Karoseri Tanah Air - Kompas.com

Deretan Bus Mewah Karya Karoseri Tanah Air

Kompas.com - 07/08/2018, 08:26 WIB
Bus-bus tingkat di GIIAS 2018Kompas.com/Setyo Adi Bus-bus tingkat di GIIAS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kendaraan penumpang, pameran tahunan GIIAS 2018 juga dimanfaatkan perusahaan karoseri, dengan menampilkan karya terbaru mereka berupa bus tingkat dan high deck.

Bus ini bisa ditemui di hall 3, ICE, BSD, dari pantauan Kompas.com lantai pameran mereka tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin merasakan bus berlantai tinggi tersebut.

Sebut saja di lantai pameran karoseri Adi Putra yang menampilkan Jetbus 3+ Ultra High Deck (UDH). Tampilannya mencolok karena dimensinya yang tinggi menjulang dengan ukuran dimensi panjang 13.500 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 4.000 mm.

Berkelir abu-abu metalik, bus ini tampil mewah dengan sentuhan livery yang elegan dengan paduan headlamp modern dilengkapi LED DRL. Masuk ke dalam, terpasang kursi Alidila sebanyak 53 buah dengan VX Sofa, TV, USB, dan sabuk pengaman tiga titik.

"Ini karoserinya saja sekitar Rp 600 juta, Biasanya konsumen yang bawa mesin dan rangkanya kadang juga rangka dan mesin dari kita yang rekomendasikan," ucap salah satu tenaga penjual di karoseri Adi Putra, Senin (7/8/2018).

Bus-bus tingkat di GIIAS 2018Kompas.com/Setyo Adi Bus-bus tingkat di GIIAS 2018

Lain lagi dengan karoseri Laksana. Perusahaan asal Ungaran ini membawa bus tingkat mewah Legacy SR2 Double Decker di lantai pamerannya.

"Ini total harganya sekitar Rp 3 miliar. Kalau karoserinya saja sekitar Rp 800 jutaan. Biasanya di Sumatera dan Jawa, komponennya sudah sekitar 80 persen lokal," ucap Brand and Marketing Communication Manager Karoseri Laksana, Candra Dewi.

Kesan mewah memang sudah terasa sejak memasuki kabin bis yang mampu menampung 66 tempat duduk ini, 12 tempat duduk di lantai dasar untuk kelas premium dan 56 tempat duduk di tingkat kedua dengan formasi 2:2.

Bahan pelapis joknya sudah menggunakan kulit, terdapat All New Lega Light system untuk penerangan kabin yang dapat diatur dalam lima piliihan warna.

Dari sistem hiburan LED TV 24 inci diletakkan di lantai kedua di bagian depan dan tengah, kemudian LED TV 22 inci di lantai dasar, Sistem audio DVD player dengan delapan speaker dan subwoofer.

Bus-bus tingkat di GIIAS 2018Kompas.com/Setyo Adi Bus-bus tingkat di GIIAS 2018

Karoseri Tentrem yang baru pertama mengikuti GIIAS juga tidak mau kalah. Membawa bus dengan basis sasis Mercedes-Benz OC500 RF 2542, model Avante HDD. Bus ini menggunakan jok model captain seat dengan salah satu fiturnya adalah meja lipat untuk menaruh minuman dan makanan.

Bus dengan kapasitas hingga 30 orang ini dibanderol dengan biaya karoseri sekitar Rp 450 jutaan.

"Tapi itu belum termasuk sasis, mesin dan pilihan jok," ucap salah satu tenaga penjual karoseri Tentrem.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X