Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innova Masih Raja MPV Medium Semester I/2018

Kompas.com - 21/07/2018, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan medium MPV di pasar wholesales masih menjadi miliknya Toyota Innova. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pangsa pasarnya sebesar 76,24 persen semester I/2018.

Namun, total pengiriman ke dealer mengalami penurunan sebesar 4,80 persen atau menjadi 25.948 unit. Sementara pada periode yang sama 2017 lalu, mencapai 27.257 unit.

Innova masih cukup kuat berada di posisi puncak, saat saudaranya Avanza harus lengser dari takhta tertinggi “MPV Sejuta Umat”, lantaran digeser oleh lawan kuatnya Mitsubishi Xpander. Sementara Innova sampai saat ini nampaknya masih belum mendapatkan pesaing berarti.

Kemudian menempel di belakang Innova dengan gap sangat jauh, ada pemain baru Wuling Cortez, yang berhasil memperoleh wholesales 3.301 unit. Produk keturunan China yang sudah diproduksi lokal ini, menyomot 9,70 persen pasar di segmen ini.

Baca juga: Tengok Referensi Modifikasi Wuling Cortez

Wholesales medium MPV semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales medium MPV semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Jika konsumen Indonesia cukup terbuka dan tak memenjarakan diri dengan merek Jepang, mestinya Cortez ini bisa jadi lawan berat Innova. Pasalnya dari segi kualitas produk, fitur dan teknologi, Cortez patut diperhitungkan.

Namun, biar masyarakat Indonesia saja yang menentukan pillihannya sendiri.

Lalu ada Sienta yang menduduki urutan ketiga, dengan 2.253 unit dengan market share 6,62 persen. Berurutan di tempat keempat dan kelima, yaitu Grand Livinia 1.982 unit (5,82 persen) kemudian Panther 501 unit (1,47 persen).

(Wuling Cortez, The New Choice of MPV. Foto: Dok. Wuling Motors)- (Wuling Cortez, The New Choice of MPV. Foto: Dok. Wuling Motors)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com